Beranda Berita ADIRESY SDM Guru di Sumbawa Harus Ditingkatkan

SDM Guru di Sumbawa Harus Ditingkatkan

37
0
Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) melalui AdiRESy menggelar Workshop Peningkatan Mutu Pendidikan di Kabupaten Sumbawa, Senin (4/11/2019) sampai Selasa (5/11/2019). (Foto: Sahabat Guru

SahabatGuru – Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) guru di Kabupaten Sumbawa menjadi perhatian dan harus ditingkatkan. Terutama bagi guru yang berada di pelosok. Pasalnya di tangan guru kualitas SDM peserta didik juga akan meningkat.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Sumbawa Mahmud Abdullah saat membuka workshop Peningkatan Mutu Pendidikan di Gedung Serba Guna Pantai Baru, Sumbawa, Senin (4/11/2019). Workshop berupa pelatihan dari Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) yang diselenggarakan oleh AdiRESy (Adiluhung Retooling Education System mulai Senin sampai Selasa (5/11/2019).

“Kualitas SDM memang perlu ditingkatkan. Teknologi yang kita pegang bila tanpa SDM yang bagus, tentu tidak bisa dimanfaatkan dengan baik. Jadi, di tangan para guru akan disiapkan SDM yang punya kualitas,” kata wakil bupati.

Baca Juga :   Jadi Ujung Tombak Pembangunan SDM, Peran Guru Makin Strategis

Saya berharap banyak pada pelatihan ini. Apalagi, pelatihan ini mengajarkan cara mengajar yang simpel dan penuh ceria karena menggunakan metode bermain. Selain itu ada matematika yang diajarkan dengan sangat simpel

Wakil bupati juga prihatin dengan SDM Indonesia yang kalah bersaing dengan negara lain. Bahkan di negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Indek Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia sudah tertinggal dari negara tetangga. Padahal, sebelumnya Malaysia mengimpor banyak guru dari Indonesia.

“Kita lihat kondisi sekarang ini. Indonesia sudah tertinggal karena kualitas SDM yang rendah. Dulu, Malaysia impor guru dari Indonesia. Kini, Indeks Pembangunan Manusia di Malaysia jauh lebih tinggi dibandingkan Indonesia,” tuturnya.

Mahmud Abdullah menyampaikan bila workshop atau pelatihan untuk meningkatkan kualitas para guru itu sangat penting. Dia juga berharap pelatihan yang diperoleh melalui workshop ini bisa diterapkan di kelas. Bila ada peningkatan kualitas dalam pengajaran, pada akhirnya kualitas SDM juga mengalami peningkatan.

Baca Juga :   APKASI Didukung PT. Telkom Gelar Workshop Sistem Pengadaan Sekolah
Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) melalui AdiRESy menggelar Workshop Peningkatan Mutu Pendidikan di Kabupaten Sumbawa, Senin (4/11/2019) sampai Selasa (5/11/2019). (Foto: Sahabat Guru)

“Di tangan guru-guru, kita berharap ada peningkatan kualitas yang lebih cepat. Terutama guru-guru di pelosok memiliki tanggung jawab yang besar menyiapkan SDM,” katanya lagi.

“Saya berharap banyak pada pelatihan ini. Apalagi, pelatihan ini mengajarkan cara mengajar yang simpel dan penuh ceria karena menggunakan metode bermain. Selain itu ada matematika yang diajarkan dengan sangat simpel,” ucap Mahmud Abdullah.

Workshop Peningkatan Kualitas Pendidikan di Sumbawa diikuti sekitar 800 guru Pendidikan Usia Dini (PAUD). Mereka mendapatkan materi Joyfull Learning yang disampaikan oleh Aji Syafa.