Minat Kuliah Rendah, Rembang Berikan Beasiswa ke Perguruan Tinggi

0
261

SahabatGuru – Kabupaten Rembang masih berada di zona merah dalam peta kemiskinan di Provinsi Jawa Tengah. Bahkan, warna merah kabupaten yang berada di pesisir utara Jawa ini masih terlihat paling pekat bila diukur dalam lingkup kawasan yang lebih kecil, yakni Pati Raya (Pati, Kudus, Blora, Grobogan, Jepara dan Rembang).

Menjadi daerah miskin menjadikan Bupati Rembang Abdullah Hafidz memberi perhatian kepada pendidikan masyarakatnya. Dia optimistiskualitas sumber daya manusia (SDM) di Rembang bisa makin ditingkatkan. Dan untuk meningkatkannya masyarakat Rembang harus mendapatkan pendidikan yang berkualitas.

Persoalannya minat anak-anak dari kalangan tidak mampu untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi masih rendah. Hafidz menyadari persoalan pokoknya adalah biaya.

“Karena itu, mereka akan kami sekolahkan, minimal sampai S-1, dan bebas di jurusan apa saja. Pemerintah menyediakan beasiswa bagi anak yang tidak mampu,” kata Bupati.

Melalui program Beasiswa Prestasi Perguruan Tinggi, pemerintah ‘menguliahkan’ anak-anak Rembang. Dengan demikian, mereka yang lulus SMA, SMK atau MAN mendapatkan program unggulan Pemerintah Kabupaten Rembang sebagaimana tercantum dalam RPJMD Kabupaten Rembang Tahun 2016-2021. Program itu sendiri secara resmi diluncurkan pada awal 2017.

“Program beasiswa ini untuk meningkatkan akses pendidikan tinggi bagi masyarakat berprestasi dari keluarga tidak mampu, memberikan jaminan bagi para penerima beasiswa untuk menyelesaikan pendidikan tinggi.Melalui beasiswa ini kelak meningkatkan mutu SDM masyarakat sebagai salah satu komponen pendukung pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Rembang,” tutur Hafidz.

Menurut Bupati persyaratan calon penerima beasiswa pun tidak sulit. Yang jelas mereka berasal dari keluarga tidak mampu dan sudah lulus SMA. Saat mengajukan permohonan, mereka hanya perlu menyerahkan beberapa dokumen resmi.

“Terpenting, mereka memiliki motivasi untuk kuliah dan juga prestasi. Ada pula di antara mereka yang mendapatkan beasiswa melalui program bidik misi. Beasiswa itu berasal dari perguruan tingginya. Biasanya mereka diberi penawaranapakah mengambil beasiswa bidik misi atau beasiswa dari Pemerintah Rembang. Bila memilih bidik misi, beasiswa dari pemerintah bisa dialihkan kepada orang lain,” lanjutnya.

Beasiswa yang diberikan Pemerintah Kabupaten Rembang tidak hanya biaya kuliah tetapi juga biaya hidup. Beasiswa yang diterimanya pun bervariasi mulai Rp2,1 juta sampai Rp9 juta setiap semester, tergantung kota tempat mereka kuliah. Mereka yang mendapatkan beasiswa rata-rata kuliah di Undip, Unnes, UGM atau UIN.

Leave a Reply