Keunikan Pianis Asal Kendal Ini Satu-satunya di Dunia

0
68
Keistimewaan pianis Jefri Setiawan dianggap satu-satunya di dunia. Menurut pianis kenamaan asal Indonesia yang berkiprah di Eropa Sonja Sungkono, hanya Jefri yang memiliki talenta istimewa itu. (foto: G. Susatyo)

SahabatGuru – Bermain piano dengan mata tertutup. Tak sekadar membuat sensasi atau bermain sulap, Jefri Setiawan memainkan banyak lagu secara tertutup. Kelincahan jemari menekan tuts piano saat memainkan lagu memang mengesankan.

Bagaimana tidak, dia mampu memainkan puluhan lagu lewat piano dengan mata tertutup. Saat tampil di Akademie für Künste ASK-Berlin, Jeman,  Rabu (24/10/2018), siswa kelas VII SMP N 2 Kendal itu malah bermain piano membawakan sebanyak 100 lagu dengan mata tertutup selama 3,5 jam berturut-turut. Aksinya pun mengundang aplaus dari para hadirin. Bocah kecil asal Kendal ini pun memecahkan rekor tersebut.

Tak banyak yang mampu melakukan seperti Jefri. Pasalnya, dia memainkan lagu secara berurutan sesuai daftar yang diserahkan pada juri. Ini berarti, Jefri harus hafal lagu pertama sampai terakhir.

“Urutannya tidak boleh terbalik. Dia membawakan lagu dengan piano sesuai yang diserahkan kepada juri,” kata Joko Manis, ayahnya, yang mendampingi Jefri saat tampil di Berlin.

Talenta yang dimiliki Jefri ternyata menjadi perhatian duo pianis kembar Sonja dan Shanti Sungkono kelahiran Indonesia yang kini bermukim di Berlin. Si kembar yang sudah malang-melintang di berbagai pementasan musik klasik di Eropa, khususnya Jerman ini menilai Jefri sebagai sosok yang istimewa.

“Anugerah yang diberikan Jefri tidak dimiliki musisi lain. Terus terang, banyak musisi yang lebih jago bermain piano dibandingkan Jefri. Bahkan ada ribuan yang lebih baik dari dia. Tetapi bermain piano membawakan puluhan lagu dengan mata tertutup itu memang istimewa,” kata Sonja yang menyaksikan secara langsung penampilan Jefri di akademi.

Duo pianis Sonja dan Shanti Sungkono terkesan dengan talenta yang dimiliki pianis asal Kendal, Jefri Setiawan. (foto: jadiberita.com)

Mereka memang mudah menemukan pianis yang bisa memainkan sampai 10 lagu dengan mata tertutup. Hanya keistimewaan Jefri memang sulit ditandingi.

“Ada yang bisa melakukannya. Tetapi mereka paling hanya memainkan 10 lagu saja, tak lebih. Bayangkan bila ada yang bermain piano membawakan sampai 100 lagu dengan mata tertutup. Saya perkirakan baru Jefri satu-satunya pianis di dunia yang bisa melakukannya,” ujar Sonja yang bersama Shanti meraih Jerry Coppola Prize dalam lomba duet piano di Miami, Amerika Serikat, pada 1999.

Mereka juga menyabet Prize Winners Juergen Sellheim Foundation di Hannover, Jerman, tahun 2001 dan 2002. Banyak prestasi yang diraih si kembar kelahiran Jakarta, 3 Januari 1972 ini. Mereka sudah mengeluarkan dua album yang beredar di Eropa, Amerika Serikat sampai Jepang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan Tulis Komentar Anda
Masukan Nama Anda Disini