Manfaatkan Masa Muda dengan Bijak: Langkah Pelajar untuk Masa Depan yang Lebih Baik

Masa muda menjadi waktu untuk bersenang-senang bagi sebagian orang. Padahal waktu inilah manusia bisa memanfaatkannya untuk sesuatu yang lebih bermanfaat, apalagi untuk pelajar. Seharusnya, pelajar bisa menyadari hal ini

Nov 4, 2023 - 06:46
Oct 25, 2023 - 15:12
 0
Manfaatkan Masa Muda dengan Bijak: Langkah Pelajar untuk Masa Depan yang Lebih Baik
ilustrasi oleh freepik

Salah satu penyesalan yang sering dirasakan oleh banyak anak muda, termasuk pelajar, adalah bahwa mereka tidak memanfaatkan waktu muda mereka dengan baik. Banyak dari mereka merasa menyesal karena merasa telah menghabiskan terlalu banyak waktu tanpa tujuan yang jelas. Namun, masa muda sejatinya adalah waktu yang sangat berharga yang dapat memengaruhi masa depan seseorang. Inilah saat di mana semangat tinggi dan potensi diri mencapai puncaknya. Oleh karena itu, sangat penting untuk tidak menyia-nyiakan waktu muda ini.

Bagi pelajar, masa muda adalah waktu yang penuh dengan potensi untuk pertumbuhan pribadi dan persiapan masa depan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu pelajar memanfaatkan masa mudanya dengan baik:

  1. Mencari Informasi: Salah satu hal penting yang bisa dilakukan oleh pelajar adalah mencari informasi yang bermanfaat untuk perencanaan pendidikan dan karir masa depan. Informasi seperti seleksi masuk perguruan tinggi, beasiswa, referensi jurusan, dan kegiatan sukarela bisa membantu memandu keputusan yang lebih baik. Dengan persiapan yang matang, pelajar dapat bersaing dengan lebih percaya diri.

  2. Menghentikan Kegiatan yang Sia-Sia: Bermain game atau menghabiskan waktu dengan scrolling media sosial adalah hal yang umum, tetapi jika tujuannya hanya hiburan semata, maka waktu bisa terbuang percuma. Alihkan waktu tersebut untuk belajar dan mengembangkan hobi yang lebih bermanfaat. Perlu diingat bahwa teman-temanmu mungkin sedang mempersiapkan diri untuk masa depan mereka ketika kamu hanya bermain game.

  3. Pentingnya Tidak Boros dan Hedon: Bahkan jika memiliki orang tua yang kaya, pemborosan dan hedonisme dapat menghabiskan sumber daya yang seharusnya bisa digunakan untuk hal-hal yang lebih bermanfaat. Kesadaran tentang bagaimana mengelola uang dan sumber daya adalah kunci untuk menghindari pemborosan.

  4. Eksplorasi Hal Baru: Ada banyak kegiatan yang dapat diikuti baik di dalam maupun di luar sekolah. Pelajar sekarang memiliki akses ke berbagai jenis kegiatan untuk remaja. Eksplorasi adalah cara yang baik untuk mendapatkan pengalaman baru.

  5. Pelajari Skill Tambahan: Selain pelajaran di sekolah, belajar skill tambahan seperti perniagaan, copywriting, coding, atau bahasa asing dapat meningkatkan potensi masa depan. Skill tambahan ini bisa menjadi sumber penghasilan tambahan dan membantu dalam persaingan di dunia kerja.

  6. Ikut Perlombaan: Perlombaan tidak hanya tentang menang atau kalah. Mereka adalah peluang untuk belajar dan mengembangkan keterampilan. Kemenangan mengajarkan arti kerja keras, sedangkan kekalahan mengajarkan cara menerima dengan ikhlas.

  7. Berhenti Membuang Waktu: Kumpul-kumpul tanpa tujuan yang jelas atau melakukan hal yang tidak produktif hanya akan menghabiskan waktu. Jangan terlalu peduli dengan kata-kata orang yang mungkin menilai kamu tidak "solid" atau "setia kawan." Alihkan perhatianmu pada kegiatan yang benar-benar bermanfaat.

Masa muda adalah waktu yang sangat berharga, dan saatnya memaksimalkan potensi dan peluang yang ada. Pertanyaannya adalah apakah kamu sudah siap memanfaatkan waktu muda dengan bijak atau menunggu penyesalan di masa depan? Keputusan ada di tanganmu. Jangan sia-siakan waktu muda, karena masa depanmu akan sangat dipengaruhi oleh tindakanmu hari ini.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow

Darma Putra Kusuma Wijaya Saya adalah mahasiswa jurusan Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan, Universitas Gadjah Mada. Saat ini saya memiliki ketertarikan dalam isu pendidikan di Indonesia