Juara GSI 2018, Dari Sepak Bola Bisa Belajar Sportivitas dan Fair Play

0
95
Kiper tim Jawa Timur Aprilius Amanah Bentriska terpilih sebagai kiper terbaik di Gala Siswa Indonesia. Di final, Jatim mengalahkan Banten 4-3 lewat adu penalti. (foto: Kemdikbud)

SahabatGuru – Sepak bola mengajarkan anak untuk berdisiplin. Mereka juga belajar menjunjung sikap sportif dan fair play. Dan sportivitas itu tidak hanya tertanam di lapangan tetapi juga di luar arena.

Kiper tim Jawa Timur Aprilius Amanah Bentriska menuturkan dari sepak bola dirinya banyak belajar tentang kerja sama tim, sportivitas, maupun fair play di lapangan.

“Saya banyak belajar tentang kerja sama tim, sportivitas, fair play di lapangan dan masuh banyak lagi. Saya belajar tentang hal-hal yang positif di sepak bola,” kata Aprilius yang sukses membawa Jatim menjadi juara di kompetisi Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat nasional.

Di pertandingan final, Jatim mengalahkan Banten 4-3 lewat adu penalti. Sukses Jatim kian lengkap karena Aprilius terpilih sebagai kiper terbaik. Sedangkan rekannya, Dio Rizky Saputra, menjadi pencetak gol terbanyak. Selama GSI, Dio sudah mencetak 20 gol dan enam di antaranya dihasilkannya di putaran nasional.

Terpilih sebagai kiper terbaik, Aprilius mendapatkan trofi dan hadiah uang sebesar Rp5 juta. Dio sendiri mendapatkan sepatu emas dan uang Rp15 juta. Para peserta GSI juga mendapatkan penghargaan. Mereka menerima beasiswa bakat dan prestasi masing-masing sebesar Rp3 juta dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

“Saya terkejut saat dipanggil karena terpilih sebagai kiper terbaik. Saya tidak menyangka. Saya sendiri sudah bangga membawa Jatim menjadi juara,” kata Aprilius yang mengidolakan kiper Bali United, Wawan Hendrawan dan David De Gea, andalan di bawah mistar Manchester United.

Sementara, Dio mengungkapkan dia berharap keberhasilan membawa Jatim juara bisa membuka peluang masuk tim nasional U-16. Apalagi dirinya memang sudah bercita-cita menjadi pesepak bola profesional.

“GSI memberi kesempatan bagi saya menunjukkan kemampuan di sepak bola. Saya memang ingin menjadi pemain bola. Bila suatu saat nanti masuk timnas, saya berharap membawa Indonesia tampil di Piala Dunia. Saya yakin itu,” ujar Dio yang saat ini masih duduk di kelas VIII SMP Negeri 2 Sidoarjo.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan Tulis Komentar Anda
Masukan Nama Anda Disini