Ini Dia Jumlah Peserta Tes CPNS Dari Tenaga Honorer K-2

1
20
Hanya lebih dari 13 ribu tenaga honorer Kategori 2 yang memenuhi syarat mengikuti tes CPNS. Peserta tes CPNS mengikuti simulasi tes dengan CAT. (foto: kaltarabisnis.com)

SahabatGuru – Ironis hanya sedikit tenaga honorer Kategori 2 (K-2) yang memenuhi syarat mengikuti seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Dari total 438.590 tenaga honorer K-2 yang tercatat dalam database Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) hanya 13.345 yang memenuhi syarat mengikuti seleksi.

Ini berarti tak lebih dari 10 persen tenaga honorer yang mengikuti seleksi. Menurut Iwan Hermanto, Deputi Bidang Informasi BKN, Iwan Hermanto, jumlah tersebut diperoleh setelah dilakukan penyesuaian dengan Peraturan Menteri PANRB Nomor 36 Tahun 2018.

Pada peraturan tersebut di lampiran F dijelaskan untuk dapat mengikuti seleksi CPNS tahun 2018, tenaga honorer K-2 harus memenuhi persyaratan usia paling tinggi 35 tahun. Mereka juga masih aktif bekerja terus-menerus.

Bagi tenaga pendidik minimal berijazah Strata 1 yang diperoleh sebelum pelaksanaan seleksi tenaga honorer K-2 pada 3 November 2013. Sedangkan bagi tenaga kesehatan berijazah Diploma 3 (D-3) yang diperoleh sebelum pelaksanaan seleksi tenaga honorer K-2 pada 3 November 2013.

“Berdasarkan proses seleksi di atas, maka jumlah rekapitulasi data tenaga honorer K-2 yang memenuhi syarat adalah 13.345,” kata Iwan Hermanto, di Jakarta, Selasa (9/10/2018).

Lebih lanjut, Iwan menjelaskan, tenaga honorer K-2I yang memenuhi syarat mengikuti seleksi wajib melakukan pencetakan ulang kartu tanda bukti peserta tenaga honorer K-2 melalui helpdesk SSCN 2018.

Untuk itu, tenaga honorer harus mencantumkan kualifikasi atau tingkat pendidikan yang digunakan saat diangkat sebagai tenaga honorer. Selain itu kualifikasi pendidikan tertinggi yang telah diselesaikan saat pendataan tenaga honorer K-2. Mereka kemudian membawa kartu tersebut ke BKD masing-masing untuk diverifikasi dan validasi

BKN juga mengingatkan wajib melakukan proses verifikasi dan validasi serta mencetak salinan kartu ujian tenaga honorer K-2 melalui helpdesk SSCN 2018 dengan memasukkan nomor tiket yang tertera pada kantu tanda bukti peserta tenaga honorer K-2 dan membubuhkan tanda tangan pejabat yang berwenang.

1 KOMENTAR

  1. By providing a no cost and safe choice for singles to locate compatible partners,
    these free internet dating sites are offering to you a valuable service in connecting
    people from all avenues of life, and in the method have succeeded in creating many happy couples.
    Some local services offer free membership to women looking
    to find love via a convenient as well as simple interface.

    Got some funny messages back from guys throughout the time I was for the line.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan Tulis Komentar Anda
Masukan Nama Anda Disini