Ingin Lulus Tes CPNS 2018, Lakukan Dua Cara Ini

1
129
Peserta tes CPNS sebaiknya sering mengikuti simulasi dan membaca buku Computer Assisted Test (CAT). Peserta juga harus tahu tes-tes yang akan dijalaninya. (foto: istimewa)

SahabatGuru – Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bakal transparan dan akuntabel. Melalui seleksi yang ketat, pemerintah berharap mendapatkan calon aparatir sipil negara yang profesional, berintegritas, dan berwawasan global.

Ini menjadikan para peserta tes bakal menjalani ujian yang tidak mudah. Apalagi mereka bersaing dengan jutaan peserta untuk memperebutkan 238.015 formasi CPNS tahun 2018.

Bila ingin lulus tes, ada kiat-kiat yang peserta tes bisa lakukan. Paling tidak ada dua hal yang bisa dilakukan bila ingin lulus.

Pertama, membaca buku-buku CAT (Computer Assisted Test). Agar kalian bisa lulus tes CPNS, sebaiknya sering mengikuti simulasi CAT di portal Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Untuk lulus CPNS, kalian harus lulus Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem CAT. Tes ini terdiri dari Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Tes Wawasan Kebangsaan, penting bagi kalian mempelajari sejarah bangsa Indonesia dan Pancasila. Belajar sejarah dan Pancasila bisa dilakukan dengan membaca banyak buka. Di zaman internet seperti sekarang ini, peserta bisa belajar melalui internet.

Kedua, menggunakan strategi khusus. Agar bisa lulus CPNS, minimal kalian harus bisa menjawab 100 soal dengan benar dalam waktu 90 menit. Tips sederhana adalah menjawab terlebih dahulu soal yang mudah, terutama soal-soal Tes Kepribadian (TKP). Jangan terpaku pada soal yang sulit karena hanya akan menghabiskan waktu.

Saat menjawab soal TKP, kalian diminta menggunakan nalar dan perbandingan. TKP punya nilai dari 1-5. Apa pun jawaban kalian, pasti akan bernilai. Berbeda dengan TWK dan TIU yang benar bernilai 5 dan salah bernilai 0. Soal TKP biasanya berada di no 66-100 dengan passing grade 143. Untuk TKP kalian harus menjawab soal benar minimal 25 soal.

Bagaimana dengan TWK atau wawasan kebangsaan? Tes ini berjumlah 35 soal dan setiap jawaban mendapat tambahan skor 5 dan salah mendapat skor 0 tetapi tidak mengurangi nilai. Ingat,  kalau bisa jangan mengosongkan jawaban TWK. Jika bisa menjawab 16 soal TWK,  maka kalian mengumpulkan nilai sebanyak 80. Kalian dinyatakan lulus karena nilai passing grade TWK adalah 75.

Terakhir Tes Intelegensia Umum (TIU). Berjumlah soal 30, tes ini memiliki passing grade 80 poin. Jika menjawab benar mendapatkan skor 5 dan salah mendapatkan skor 0. Untuk TIU, kerjakanlah soal lebih mudah terlebih dahulu, seperti Bahasa Indonesia, Sinonim, Padanan Kata dan Antonim karena tak menyita waktu. Lalu lanjut ke soal cerita. Agar lulus TIU, kalian harus menjawab benar 14 pertanyaan.

Jadi, siapkan strategi menghadapi tes CPNS. Dan, banyak membaca buku atau membuka internet untuk menambah wawasan dan pengetahuan.

Leave a Reply