Guru Perlu Tahu! Tren Teknologi Pembelajaran Digital

Perkembangan teknologi yang pesat membuat tren pembelajaran semakin beragam. Ada tujuh tren teknologi di sektor pendidikan yang dapat menarik perhatian siswa.

May 12, 2023 - 03:04
May 8, 2023 - 01:15
 0
Guru Perlu Tahu! Tren Teknologi Pembelajaran Digital
Artificial Intelligence (sumber: eacea.ec.europa.eu)

Dalam situasi pandemi saat ini, pembelajaran jarak jauh (PJJ) menjadi solusi yang tepat digunakan oleh seluruh praktisi pendidikan. Hal inilah yang menyebabkan tenaga pendidik harus memutar otak untuk memberikan metode pendidikan yang terbaik untuk siswa yakni dengan bantuan teknologi. Namun dalam pelaksanaannya ketika pembelajaran jarak jauh (PJJ) berlangsung, seringkali kita dapati respon siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran. Kurangnya tingkat keaktifan siswa ini seringkali terjadi karena minimnya rasa ketertarikan siswa dalam aktivitas belajar mengajar. 

Kurangnya ketertarikan siswa saat PJJ ini dapat diatasi dengan melakukan inovasi pembelajaran. Sebagai seorang pendidik, kita dituntut untuk terus melakukan inovasi pembelajaran yang kreatif dengan mengkaitkan teknologi.  Berikut ini adalah tren-tren teknologi dalam pembelajaran. 

1. Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)
Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) merupakan teknologi yang mampu membawa penggunanya seolah melihat dan berinteraksi langsung dengan objek. Teknologi ini dapat merangsang presepsi  penggunanya sehingga pengguna seolah sedang berada di dunia lain. AR dan VR secara umum sama yakni menyuguhkan objek materi menjadi bentuk nyata. Namun AR mengadirkan efek virtual kedalam bentuk 3 dimensi, sedangkan VR menyuguhkan objek seolah pengguna sedang berada di dunia yang berbeda dengan bantuan kacamata VR.   

2. STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics)
STEAM merupakan pembelajaran yang memadukan lima disiplin ilmu yakni sains (science), teknologi (technology), teknik (engineering), seni (art), dan matematika (mathematics). Pembelajaran berbasis STEAM ini dapat mendorong siswa untuk mengidentifikasi masalah, mencari solusi dalam memecahkan permasalahan, berkolaborasi dengan teman, berkomunikasi secara aktif dan efektif, serta menanggapi ide satu sama lain. Melalui pembelajaran berbasis STEAM ini siswa diajak untuk belajar secara kontekstual dan holistik karena menggabungkan lima ilmu dalam membahas suatu objek materi. 

3. Artificial Intelligence (AI)
Artificial Intelligence atau yang biasa dikenal dengan kecerdasan buatan merupakan teknologi atau sistem komputer yang memiliki kecerdasan layaknya manusia. AI mampu meniru cara berpikir manusia dalam menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu.  Contoh AI yang sering digunakan dalam kehidupan sehari hari adalah google map yang dapat menghitung jarak suatu lokasi menuju lokasi lain. 

4. Sosial Media Based Learning
Pembelajaran berbasis sosial media merupakan pembelajaran yang memanfaatkan sosial media sebagai media untuk menyampaikan materi dan berinteraksi dalam suatu pembelajaran. Pembelajaran ini dapat memanfaatkan sosial media seperti: WhatsApp, instagram, twitter, telegram maupun line. Namun pemanfaat sosial media untuk proses belajar mengajar ini perlu diwaspadai agar tidak sembarangan menampilkan data pribadi pada akun sosial media. Karena ditakutkan akan disalahgunakan oleh pihak yang kurang bertanggungjawab.   

5. Game Based Learning
Pembelajaran berbasis game dapat menjadi solusi untuk menghadirkan pembelajaran lebih menarik. Pembelajaran ini mengkaitkan materi dengan game aplikasi. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami materi dan meningkatkan motivasi siswa dalam pelaksanaan pembelajaran.    

6. Big Data
Big data adalah suatu teknologi untuk menyimpan data dengan kapasitas yang besar. Jika kita sudah terbiasa untuk menyimpan data menggunakan flashdisk dengan kapasitas 5-100 Gb. Melalui teknologi big data kita dapat menyimpan data secara online dengan ukuran yang besar karena memiliki kapasitas yang tak terhingga/ unlimited. Contohnya ketka kita menyimpan data melalui cloud.  

7. Distributed Ledger Technology atau Blockchain Technology
Merupakan suatu sistem yang dapat digunakan oleh beberapa orang yang diberikan akses untuk berbagi, mengedit, atau merubah data dalam satu dokumen yang sama. Teknologi ini biasa dimanfaatkan untuk membuat naskah secara bersama-sama seperti Google Doc. Teknologi ini sangat memudahkan dikala kondisi yang tidak memungkinkan untuk melakukan tatap muka atau bekerja kelompok secara langsung.

Pemanfaatan teknologi dalam pelaksaan pendidikan sebaiknya  dilakukan dengan semaksimal mungkin. Pemanfaatan teknologi yang baik akan memberikan keuntungan karena dapat mempermudah proses belajar mengajar. Begitu pula proses pembelajaran harus mampu berkembang mengikuti tren teknologi agar tidak tertinggal. 

Aulia A.

Referensi: 
Dilmegani, C. 2021. “12 Digital transformation trends & use cases in education in 2021”, (Online) https://research.aimultiple.com/digital-transformation-in-education/, Diakses Pada 26 Desember 2021.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow