Dapat Gaji Dari APBD, 3.750 Guru Non PNS Terima SK Gubernur Sultra

0
22

SahabatGuru–Kegembiraan dirasakan para guru di Sulawesi Tenggara (Sultra). Mereka adalah 3.750 guru tetap bukan pegawai negeri sipil yang selama ini berstatus honorer tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Sekolah Luar Biasa (SLB) se-Sulawesi Tenggara menerima surat keputusan dari Gubernur Sultra.

Penyerahan SK bagi guru tetap bukan PNS itu diserahkan langsung Gubernur Sultra Ali Mazi dalam peluncuran program 100 hari kerja pasangan gubernur dan wakil gubernur Ali Mazi-Lukman Abunawas. Penyerahan SK bersamaan dengan rangkaian peringatan Hari Guru Nasional di Kendari, Senin.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Provinsi Sultra Damsid mengungkapkan dengan keluarnya SK gubernur tersebut, status tenaga guru honorer, akhirnya diakui oleh pemerintah provinsi, dengan gaji yang sudah dianggarkan dalam APBD.

Dari jumlah 3.750 guru tetap bukan PNS yang menerima SK tersebut, 384 guru tetap berlaku SK Tahun Anggaran 2018, sedangkan sisanya baru menerima SK 2019.

“Dengan keluarnya SK gubernur, guru tetap bukan PNS, juga mendapat peluang untuk mengikuti ujian sertifikasi guru. Jadi penghasilnya bisa besar,” ujar Damsid.

Ia mengharapkan SK gubernur tersebut dapat menambah semangat para guru honorer untuk mengabdikan diri menjadi tenaga pendidik. Apalagi, kata dia, jumlah tenaga guru PNS di seluruh sekolah di Sulawesi Tenggara tergolong minim.

Dalam peluncuran program Sultra Cerdas, Gubernur Ali Mazi juga menyerahkan beasiswa berprestasi bagi 1.000 siswa SMA, SMK, dan SLB, masing-masing Rp1.000.000, serta beasiswa Sultra Cerdas untuk mahasiswa D3, S1, S2, dan S3 dengan total anggaran yang disiapkan dalam APBD 2018 sebesar Rp5,3 miliar lebih. (ris/ant)

Leave a Reply