Agar Pelajaran Matematika Kian Menyenangkan

0
32

SahabatGuru – Mengajarkan matematika secara cerdas dan menyenangkan. Ini menjadi tantangan guru mata pelajaran matematika. Bagaimana pelajaran itu tidak membosankan.

Melalui program Adiluhung Retooling Education System (AdiRESy), guru matematika mendapat pelatihan yang diharapkan bisa diterapkan saat mengajar di kelas. Guru bisa mengajar matematika secara lebih menyenangkan bagi para muridnya.

AdiRESy dilaksanakan di berbagai kota di seluruh Indonesia oleh Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN). Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten, AdiRESy memberi pelatihan di Kabupaten Bandung Barat, beberapa waktu lalu.

Pelatihan tersebut mendapat sambutan dari para guru TK atau PAUD, SD sampai SMP. Pesertanya pun melebihi target. Ada 619 guru TK/PAUD yang mengikuti pelatihan. Sedangkan peserta dari guru SD dan SMP mencapai 1.411 orang.

Antusiasme peserta tidak terlepas dari pentingnya program pelatihan tersebut karena menjawab kebutuhan para guru yang ingin meningkatkan kualitas. Tidak hanya murid, guru juga harus terus belajar sehingga kemampuannya kian meningkat. Bahkan ada terobosan dalam mengajar sehingga manfaat besar tidak hanya dirasakan sang pengajar tapi juga murid.

Bagi guru SD dan SMP mendapat pelatihan Matematika Smart. Sedangkan guru TK/PAUD lebih menekankan pada Joyful Learning. Bagaimana guru bisa mengajar secara menyenangkan.

Pelatihan Matematika Smart memberi pengetahuan dan pengalaman bagaimana mengajar matematika secara menyenangkan. Para guru pun mendapatkan kiat menyampaikan pelajaran matematika yang membuat siswa betah duduk di kelas. Ini yang menjadikan pelajaran matematika tak lagi momok atau menakutkan bagi murid. Guru pun tak lagi terbebani karena pelajaran tersebut bisa disampaikan secara menyenangkan dan murid tidak kesulitan memahaminya.

Apa yang disampaikan Asep Sunarya, seorang guru di SDN Selakuning, Bandung Barat mewakili rekan-rekannya.

“Apa yang kami terima dari program itu menjadikan guru tidak takut menyampaikan pelajaran matematika kepada anak-anak. Kami akhirnya mendapat ilmu bagaimana mengajarkan matematika dengan cara yang lebih gampang,” tutur Asep.

Asep mengikuti program pelatihan peningkatan kualitas guru di Bandung Barat. Ada banyak guru dari empat kecamatan di kabupaten tersebut yang merasakan manfaat karena mereka mendapatkan motivasi dalam mengajar. Menurut dia memang dibutuhkan pembelajaran yang aktif , kreatif , inovatif dan menyenangkan. Ini jelas tantangan bagi guru.

“Kami mendapatkan materi yang luar biasa. Ini mendorong guru dalam memberikan pengajaran yang aktif, kreatif,  inovatif dan menyenangkan kepada anak didik. Materi yang disampaikan sangat bagus. Adanya pelatihan ini para guru mendapatkan motivasi-motivasi dalam mengajar,” terangnya.

Senada dengan yang disampaikan Eulis Culaeha. Pendidik di SDN Ngamprah Kidul itu mengungkapkan ada wawasan baru yang diperoleh guru saat mengikuti pelatihan Joyful Learning.

“Ibaratnya dari tidak tahu menjadi tahu dan program ini menambah wawasan bagi guru. Ini seperti ilmu baru bagi kami. Saya pun berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan lagi,” kata Eulis.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silahkan Tulis Komentar Anda
Masukan Nama Anda Disini