Ada Ribuan Soal Untuk Tes CPNS

0
37
Mendikbud Muhadjir Effendy saat menyerahkan soal utk tes CPNS kepada Menpan RB Syafruddin di Jakarta, Senin (8/10/2018). (foto: Kemdikbud)

SahabatGuru – Soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mencapai ribuan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengungkapkan tidak kurang 13.667 soal yang dipersiapkan untuk seleksi. Ribuan soal tersebut dibuat oleh 110 penulis dari 18 perguruan tinggi.

“Soal seleksi CPNS sudah dipersiapkan sejak tahun 2012. Ada 13.667 soal untuk seleksi yang ditulis oleh 110 orang. Dari soal-soal yang dipersiapkan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berkomitmen membantu proses pengadaan CPNS secara akuntabel dan transparan,” kata Mendikbud Muhadjir saat menyerahkan soal kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Syafruddin di Jakarta, Senin (8/10/2018). Dalam hal ini KemenPAN RB bertindak sebagai Koordinator Panitia Seleksi Nasional (Panselnas). .

Dari soal-soal yang disiapkan, mereka yang lolos seleksi diharapkan memang yang terbaik. Apalagi penyusunan soal melibatkan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Dengan demikian, para pegawai negeri yang terpilih benar-benar menjadi aparatur negara yang profesional dan memiliki integritas tinggi.

“Kami berharap bisa mendapatkan calon-calon aparatur sipil negara yang profesional, berintegritas, dan berwawasan global,” ujar Muhadjir lagi.

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbud, Didik Suhardi memastikan kerahasiaan dan keamanan soal. Menurutnya ribuan soal itu akan diacak dan kemudian disajikan sebagai paket soal yang harus diselesaikan para peserta tes.

“Kami pastikan setiap peserta mendapatkan paket soal yang berbeda. Kerahasiaan dan keamanan soal dijamin 100 persen oleh Panitia Seleksi Nasional,” tutur Didik.

Kemendikbud siap mendukung pelaksanaan computer assisted test (CAT) pada tahap SKD dengan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Seleksi Kompetensi Dasar diperkirakan diikuti sekitar 5 juta peserta yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia.

Panitia Seleksi Nasional, menurut Sesjen Kemendikbud, sedang berkoordinasi terkait teknis pelaksanaan tes yang kemungkinan besar akan bergeser waktunya. Pasalnya pendaftaran CPNS diperpanjang hingga 15 Oktober 2018.

Leave a Reply