Beranda Berita Digelar, Pelatihan Bahasa Inggris bagi Guru SMA dan SMK se-Sulawesi Selatan

Digelar, Pelatihan Bahasa Inggris bagi Guru SMA dan SMK se-Sulawesi Selatan

59
0

SahabatGuru – Para guru SMA dan SMK se-Sulawesi Selatan mengikuti pelatihan Bahasa Inggris atau Professional English Training di Makassar. Pelatihan itu dilaksanakan secara offline atau tatap muka oleh Yayasan Pendidikan Adiluhung NUsantara (YPAN) selama lebih dari satu bulan yang terbagi dalam 10 gelombang.

Pelatihan yang merupakan pelaksanaan program peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) digelar sejak Senin (2/11/2020) hingga Sabtu (5/11/2020). Pelatihan diikuti tidak kurang 1000 kepala sekolah dan guru sekolah menengah umum maupun kejuruan yang dibawakan oleh trainer Aditya Surya.

Menurut Manajer Diklat YPAN Tollal Badru dalam satu gelombang pelaksanaan pelatihan Bahasa Inggris membutuhkan waktu tiga hari yang diikuti 100 peserta. Peserta memang dibatasi karena memenuhi protokol kesehatan. Ini yang menjadikan pelaksanaan pelatihan membutuhkan waktu selama satu bulan.

Baca Juga :   Resmikan SMA Budi Luhur, Gubernur Khofifah : Akhlak Mulia Penting Bagi Siswa

“Pelatihan Bahasa Inggris kembali dilaksanakan secara offline atau tatap muka. Namun kami menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Setiap peserta harus dilengkapi dengan hasil rapid test. Tak hanya itu, sebelum mengikuti kegiatan, kami memeriksa kondisi setiap peserta dengan thermogun untuk memeriksa suhu tubuh,” ujar Tollaal.

Saat mengikuti acara, jarak tempat duduk antar peserta juga tidak boleh berdekatan. Peserta pun diwajibkan mengenakan masker.

Mengenai materi pelatihan memang diarahkan pada penguasaan berbicara atau speaking. Apalagi ini yang menjadi kelemahan banyak orang. Mereka menguasai tata bahasa atau grammar Bahasa Inggris tetapi lemah dalam kemampuan berbicara.

Output dari pelatihan ini adalah speaking atau kemampuan berbicara. Jadi selama pelatihan sudah pasti ada praktik. Kami ingin selepas pelatihan, kemampuan para guru dalam berbicara Bahasa Inggris makin baik,” ujar Tollaal lagi. *

Baca Juga :   Mantap, Bekasi Segera Operasikan Bus Sekolah