Beranda Berita Guru di Lombok Utara Ikuti Webinar Peningkatan Mutu Pendidikan

Guru di Lombok Utara Ikuti Webinar Peningkatan Mutu Pendidikan

67
0
Para guru di Kabupaten Lombok Utara mengikuti webinar peningkatan Mutu Pendidikan dari Apkasi yang digelar Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara, Kamis (29/10/2020) sampai Sabtu (31/10/2020). (Foto: Sahabat Guru)

SahabatGuru – Para guru di Kabupaten Lombok Utara mengikuti webinar peningkatan Mutu Pendidikan dari Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi). Pelatihan peningkatan mutu yaitu Matematika Smart dan Joyful Learning yang dilaksanakan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) pada Kamis (29/10/2020) sampai Sabtu (31/10/2020).

Tidak kurang 3000 guru di Lombok Utara yang mengikuti pelatihan secara online atau daring. Mereka pun antusias mengikuti pelatihan yang sangat berarti untuk peningkatan mutu pendidikan.

Pelatihan itu sesungguhnya sudah dipersiapkan sejak lama dan secara matang. Persiapan dilakukan setelah Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar menerima audiensi perwakilan Apkasi dan YPAN pada 2019. Dari audiensi itu kemudian ditetapkan pelatihan dilaksanakan pada Mei 2020.

Baca Juga :   Pemkab Aceh Timur Cetak Massal E-KTP

Saya mengucapkan terima kasih dengan adanya webinar ini. Saya mendapatkan banyak ilmu baru terutama dalam metode menghitung cepat

“Saat itu Bupati Najmul Akhyar memberi arahan agar pelatihan dilaksanakan pada bulan Mei 2020. Namun adanya pandemi Covid-19 menjadikan pelatihan secara offline atau tatap muka tidak bisa dilaksanakan,” ujar Manajer Diklat YPAN Tollaal Badru.

“Namun pelatihan tetap harus dilaksanakan dan akhirnya digelar secara online. Perlu diketahui ini bukan yang pertama kami menggelar pelatihan secara online atau daring,” tutur dia.

Menurut Tollaal pelatihan dilaksanakan sesuai tingkatan. Pada hari pertama atau Kamis, pelatihan untuk guru SD dengan materi Matematika Smart. Guru SMP mendapat materi pelatihan yang sama pada hari selanjutnya. Sedangkan pelatihan Joyful Learning untuk guru PAUD dan TK dilaksanakan pada hari terakhir atau Sabtu.

Baca Juga :   Mendikbud: Lompatan Pendidikan Tak Selesai dalam 5 Tahun

Guru Rasakan Manfaat Webinar

Para guru pun antusias mengikuti webinar tersebut. Mereka merasakan manfaat dari pelatihan tersebut. Ini seperti disampaikan Gusti Ayu Dewi Susanti, guru di SDN 2 Tanjung. Menurut dia webinar ini sangat membantu dalam pengerjaan Matematika.

“Sangat membantu saya dalam menghitung Matematika yang dulu saya anggap sulit, sekarang cara penghitungan menjadi lebih mudah. Saya mengucapkan terima kasih dengan adanya webinar ini. Saya mendapatkan banyak ilmu baru terutama dalam metode menghitung cepat,” ujar Ayu Dewi.

Hal senada dikatakan Lusy Megawati, guru di SDN 1 Santong, yang menilai metode itu bisa membantu siswa memecahkan hitung-hitungan yang sebelumnya dirasakan sulit.

“Menurut saya kegiatan webinar ini sangat menarik. Kami bisa menyajikan pembelajaran Matematika kepada anak-anak dengan metode atau cara yang sangat mudah. Terima kasih atas ilmunya penyaji dan nara sumber,” kata Lusy.

Baca Juga :   Bupati Dompu Berharap Para Guru Upgrade Kemampuan

Sementara, guru di SDN 1 Jenggala, Siti Nur Ika Rohmawati mengatakan guru tetap harus berlatih dengan metode tersebut sehingga mereka bisa menguasainya dengan baik. Menurut dia pelajaran yang diterima tidak bisa secara instan langsung hapal karena selama ini guru terbiasa mengerjakan soal dengan cara lama.

“Mengerjakan Matematika menjadi lebih menyenangkan. Namun ini tidak bisa dilakukan secara instan dan langsung hafal dengan cara yang sudah disampaikan. Guru sudah terbiasa mengerjakan soal dengan cara lama. Jadi kami harus lebih sering berlatih,” ujar dia. *