Beranda Berita Kabupaten Soppeng Berencana Gelar Pelatihan Bahasa Inggris

Kabupaten Soppeng Berencana Gelar Pelatihan Bahasa Inggris

32
0
Apkasi dan YPAN saat melakukan sosialisasi Professional English Training dan Matematika Smart di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan. (Foto: Sahabat Guru)

SahabatGuru – Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, berencana menggelar program peningkatan mutu pendidikan yaitu Professional English Training yang diselenggarakan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi). Pelatihan Bahasa Inggris tersebut merupakan program Apkasi dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan menggandeng Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN).

Hal itu disampaikan Pjs Bupati Soppeng Idham Kadir melalui Kepala Dinas Pendidikan Muh. Asis Makmur saat menerima audiensi dari Staf Ahli Apkasi bidang Pendidikan dan kesehatan Himmatul Hasanah dan perwakilan YPAN di Danau Ompo, Soppeng, Kamis (8/10/2020).

Tak hanya beraudiensi, Apkasi dan YPAN melakukan sosialisasi program Professional English Training dan Matematika Smart Indonesia. Program tersebut merupakan bagian dari upaya Apkasi meningkatkan kualitas SDM di berbagai daerah atau kabupaten di seluruh Indonesia.

Baca Juga :   Mendesak, Kurikulum SMK Harus Sesuai Kebutuhan Industri

Kondisi pandemi memang tidak memungkinkan kegiatan belajar mengajar berlangsung secara normal

Dalam kesempatan itu, pjs Bupati Idham Kadir menuturkan bila prioritas utama pemerintah kabupaten adalah mengutamakan kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga pendidikan, keluarga dan masyarakat secara umum dalam pelaksanaan pendidikan di Soppeng selama pandemi Covid-19. Pemerintah juga mempertimbangkan tumbuh kembang peserta didik dan konsisi psikososial dalam upaya pemenuhan layanan pendikan selama pandemi.

“Kondisi pandemi memang tidak memungkinkan kegiatan belajar mengajar berlangsung secara normal. Kami masih melakukan pembelajaran jarak jauh dengan sistem daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan) atau kombinasi keduanya,” ujar pjs bupati.

Terkait dengan program dari Apkasi, Bupati menyambutnya dan berharap bisa dilaksanakan. Hal senada disampaikan Kadis Pendidikan Muh. Asis Makmur. Program tersebut memberi manfaat besar bagi para guru. Apalagi, Matematika Smart sangat membantu para guru dalam memberikan pengajaran matematika kepada peserta didik.

Baca Juga :   Tingkatkan Mutu Pendidikan, Kabupaten Lombok Timur Gelar Pelatihan Guru

Sedangkan Dr. Nirmala Direktur RSUD menyambut program pelatihan bahasa Inggris. Menurut dia program tersebut bisa memberi manfaat bagi tenaga kesehatan.

“Kami berharap program pelatihan bahasa Inggris yang lebih dulu dilaksanakan. Ini program yang bagus bagi tenaga kesehatan,” tutur dia.*