Beranda Berita Sempat Tertunda, Kabupaten Tana Toraja Gelar Matematika Smart

Sempat Tertunda, Kabupaten Tana Toraja Gelar Matematika Smart

28
0
Penjabat sementara (pjs) Bupati Tana Toraja Asri Sahrun Said (kedua dari kiri) menerima audiensi dari Apkasi dan YPAN. (Foto: Sahabat Guru)

SahabatGuru – Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, akan menggelar program Peningkatan Mutu Pendidikan dari Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi). Program peningkatan mutu tersebut yaitu, Matematika Smart Indonesia, yang diadakan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN).

Hal itu disampaikan penjabat sementara (pjs) Bupati Tana Toraja Asri Sahrun Said saat menerima audiensi dari Staf Ahli Apkasi bidang Pendidikan dan Kesehatan, Himmatul Hasanah dan perwakilan YPAN, Kamis (1/10/2020) Dalam audiensi itu turut dihadiri Asisten III Sulaiman, Kepala Dinas Pendidikan Anthon Toding, Kepala BKPSDM Joni Tonglo dan Kepala Dinas Kesehatan Dr Ria M. Tanggo.

“Program tersebut sangat bagus dan bisa meningkatkan mutu pendidikan di kabupaten kami. Ini sangat bermanfaat bagi para guru. Kegiatan ini seharusnya sudah akan digelar tetap karena pandemi menjadikanya tertunda,” kata Asri Sahrun.

Baca Juga :   Apkasi Gandeng Bukalapak Kembangkan UKM di Kabupaten

Kami memang sudah menyiapkan pelaksanaan program pelatihan Matematika Smart. Namun semua terkendala pandemi

Menurut Himmatul ini merupakan kunjungan kedua dari Apkasi dan YPAN. Sebelumnya, mereka melakukan audiensi pada Februari lalu. Namun karena pandemi Covid-19, berbagai kegiatan yang sudah dirancang kemudian mengalami penundaan, termasuk pelaksanaan English Camp dari Apkasi. Padahal semula, Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah menjadikan Kabupatan Tana Toraja dan Toraja Utara sebagai pilot project dari English Camp.

“Sebelumnya, kami melakukan audiensi pada Februari lalu. Namun beberapa kegiatan yang sudah direncanakan gagal karena pandemi. Kini, kami kembali melakukan kunjungan untuk kali kedua. Perlu diketahui Kabupaten Tana Toraja merupakan pilot project English Camp,” ujar Himmatul.

Baca Juga :   KBBI Braille Mudahkan Penyandang Tunanetra Pelajari Bahasa Indonesia

Matematika Smart Dilaksanakan pada 2021

Setelah sempat tertunda, program pelatihan dari Apkasi melalui YPAN kembali digelar. Hanya program Matematika Smart Indonesia tidak dilaksanakan tahun ini tetapi dipindahkan pada awal tahun 2021, yaitu sekitar Januari, Februari atau Maret.

“Kami memang sudah menyiapkan pelaksanaan program pelatihan Matematika Smart. Namun semua terkendala pandemi. Hanya pelaksanaannya memang tidak tahun ini. Rencananya digeser pada Januari atau Maret tahun depan,” kata Kepala Dinas Pendidikan Anthon Toding.

Tidak hanya program Matematika Smart, rencananya Profesional English Training juga tengah dimatangkan. Menurut Kepala BKPSDM Joni Tonglo program pelatihan itu sangat bermanfaat bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) karena membekali mereka dengan kemampuan berbahasa Inggris.*

Baca Juga :   Sistem Zonasi Dipertahankan di PPDB 2020