Beranda Berita Guru di Toraja Utara Berharap Kembali Ikuti Pelatihan Matematika Smart

Guru di Toraja Utara Berharap Kembali Ikuti Pelatihan Matematika Smart

34
0
Staf Ahli Apkasi dan YPAN saat melakukan audiensi di Kabupaten Toraja Utara, Kamis (1/10/2020). (Foto: Sahabat Guru)

SahabatGuru – Para guru di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, ternyata pernah mengikuti pelatihan Matematika Smart Indonesia yang diselenggarakan Adiresy dari Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN). Mereka mengikuti pelatihan secara virtual yang dibawakan trainer Andi Suryawan.

Tidak kurang 55 guru yang mengikuti pelatihan secara daring. Semua guru antusiasi dan memberikan testimoni yang mengesankan. Mereka mendapat pengetahuan baru dalam pengajaran matematika secara smart. Para guru pun berharap suatu saat nanti kembali mendapatkan pelatihan tetapi secara tatap muka.

Hal itu disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Toraja Utara Johanis Tangkedaku saat kunjungan Staf Ahli Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) bidang Pendidikan dan Kesehatan, Himmatul Hasanah dan YPAN untuk melakukan audiensi, Kamis (1/10/2020). Audensi diterima Asisten II Kornelia Untung Seru, Direktur RSUD Dr. Remen, Kepala Kominfo Rusmiati, Kepala BKPP Marten Manurun dan Kepala Dinas Kesehatan Elisabeth R. Zakaria.

Baca Juga :   Tak Ingin Jadi Klaster Covid-19, Disdikpora Bangli Perketat Syarat Tatap Muka di Sekolah

Mereka ingin ikut lagi bila pelatihan secara virtual. Namun mereka berharap pelatihan secara tatap muka

“Perlu diketahui ada banyak guru dari Kabupaten Toraja Utara yang mengikuti pelatihan Matematika Smart dari YPAN yang dilaksanakan secara virtual. Mereka memberikan testimoni yang bagus,” kata Johanis Tangkedaku.

Menurut dia, para guru ternyata menyatakan keinginannya kembali mengikuti pelatihan tersebut. Namun mereka juga berharap bila memungkinkan diadakan secara tatap muka atau offline. Apalagi, YPAN belum mengadakan pelatihan tersebut di Kabupaten Toraja Utara.

“Mereka ingin ikut lagi bila pelatihan secara virtual. Namun mereka berharap pelatihan secara tatap muka,” ujar dia.

Peningkatan Mutu Pendidikan Diadakan di Seluruh Indonesia

Baca Juga :   Ketua PKK Aceh Timur Ajak Orang Tua Rutin Bawa Balita ke Posyandu

Dalam audiensi itu, Himmatul Hasanah, staf ahli Apkasi, menuturkan bila program pelatihan untuk peningkatan mutu pendidikan memang diadakan di setiap kabupaten di seluruh Indonesia. Hanya dengan adanya pandemi Covid-19, kegiatan itu mengalami penundaan, termasuk di Toraja Utara.

Namun program tersebut tetap harus dijalankan sehingga YPAN menggelar pelatihan secara virtual. Para guru pun antusias mengikutinya.

“Saat digelar pelatihan secara virtual, peserta tidak hanya dari satu kabupaten tertentu seperti saat dilakukan secara tatap muka. Para guru dari berbagai kabupaten bisa mengikutinya. Saat diikuti para guru dari Toraja Utara, pelatihan itu juga diikuti guru dari kabupaten lain” kata Himmatul.

Apkasi tidak hanya menyampaikan program Matematika Smart yang memberi awasan baru bagi guru dalam mengajar mata pelajaran tersebut tetapi juga Professional English Training. Menurut Kepala BKPP Marten Manurun program tersebut layak untuk dilaksanakan di Toraja Utara karena sangat membantu para Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam penguasaan bahasa Inggris. Apalagi, mereka bisa lebih menguasai dalam komunikasi tersebut.

Baca Juga :   Bupati Dompu Berharap Para Guru Upgrade Kemampuan

“Namun program ini fokus untuk eselon 2, 3 dan 4,” kata dia.

Tidak hanya ASN tetapi para dokter pun membutuhkan. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Elisabeth R. Zakaria pihaknya bisa mengadakan diklat pembelajaran bahasa Inggris. Bila banyak yang membutuhkan, program bisa dilaksanakan dua angkatan, guru dan ASN.*