Beranda Berita Kabupaten Pangkep Siap Gelar Pelatihan Bahasa Inggris dan Matematika Smart

Kabupaten Pangkep Siap Gelar Pelatihan Bahasa Inggris dan Matematika Smart

25
0
Perwakilan YPAN dan Apkasi saat audiensi dengan

SahabatGuru – Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan, merencanakan menggelar pelatihan bahasa Inggris atau Professional English Training bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Matematika Smart Indonesia bagi para guru. Melalui pelatihan itu kualitas para guru dan ASN diharapkan bisa meningkat. Terutama dalam penguasaan berbicara dalam bahasa Inggris maupun pembelajaran matematika.

Hal itu disampaikan Asisten II Pemerintah Kabupaten Pangkep Muhammad Idris Sira saat menerima perwakilan dari Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Indonesia (Apkasi), Selasa (29/9/2020). Audiensi juga dihadiri Suriani, Kepala BKPSDM/plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Pangkep dan Rukmini, Kepala Bidang Dinas Pendidikan.

Kami siap menggelar dua program tersebut, Professional English Training dan Matematika Smart. Untuk pelaksanaannya pada triwulan pertama tahun 2021

Menurut Idris Sira pelatihan yang merupakan bagian dari program Apkasi untuk peningkatan SDM guru di kabupaten di Indonesia ini memberi manfaat besar bagi guru. Dia pun memastikan program itu bisa dilaksanakan.

Baca Juga :   Surat Inspiratif Guru dan Siswa, Merajut Hikmah di Balik Pandemi

“Kami siap menggelar dua program tersebut, Professional English Training dan Matematika Smart. Untuk pelaksanaannya pada triwulan pertama tahun 2021,” kata Idris Sira dalam pertemuan itu.

Terkait dengan pelaksanaan kegiatan itu, pemerintah kabupaten bakal memanfaatkan dana dari APBD. Sedangkan untuk Matematika Smart bisa menggunakan APBD dan atau dana BOS.

Menurut Himmatul Hasanah, Staf Ahli Apkasi bidang Pendidikan dan Kesehatan, pelatihan itu merupakan bagian dari program Apkasi untuk meningkatkan kualitas SDM. Terutama pada pelatihan bahasa Inggris yang memungkinkan mereka yang mengikutinya untuk menguasai bahasa tersebut dan menggunakannya dalam percakapan keseharian.

Untuk pelaksanaan kedua program itu, Apkasi menggandeng YPAN yang memiliki kompetensi meningkatkan mutu pendidikan Indonesia. Melalui Adiresy, YPAN sudah menggelar pelatihan Matematika Smart, Joyfull Learning dan Professional English Training di berbagai kabupaten di seluruh Indonesia.

Baca Juga :   Sebanyak 72 Ribu Guru Kejuruan Ditargetkan Ikuti Pelatihan HOTS

“Selain itu ada program peningkatan iman dan takwa bagi guru dan ASN. Dalam program ini peserta akan mengikuti seminar internasional di salah satu negara, yaitu Turki, Malaysia atau China,” tutur Himmatul.

“Selanjutnya bagi mereka yang muslim akan mendapatkan penguatan iman dan takwa di Mekkah dan Madinah. Sedangkan bagi umat Kristen mengunjungi Holy Land. Ini merupakan bagian dari character building atau pembangunan karakter,” katanya menerangkan.

Asisten II Pemerintah Kabupaten Pangkep pun menyambut adanya program tersebut. Begitu pula dengan adanya program penguatan literasi melalui Majalah Sahabat Guru. Menurut dia majalah itu bisa bermanfaat untuk memberi informasi positif bagi guru karena media itu memang diarahkan untuk pendidik. *

Baca Juga :   Guru di Tulang Bawang Tingkatkan Kompetensi