Beranda Berita Kabupaten Maros Anggarkan Rp500 M untuk Tingkatkan Mutu Guru

Kabupaten Maros Anggarkan Rp500 M untuk Tingkatkan Mutu Guru

29
0
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Maros Takdir saat menerima audiensi Apkasi dan YPAN, Rabu (16/9/2020). (Foto: Sahabat Guru)

SahabatGuru – Kabupaten Maros memberi perhatian pada upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Maros, Takdir, menuturkan bila hendak meningkatkan kualitas SDM, maka mutu guru harus ditingkatkan. Untuk itu, pemerintah menyediakan anggaran yang cukup besar, yaitu Rp 500 miliar untuk meningkatkan mutu guru.

“Kami akan fokus pada pembangunan SDM di Maros. Dengan pembangunan SDM ini, peningkatan kualitas guru harus dilakukan. Pemerintah menganggarkan Rp500 miliar untuk meningkatkan kualitas pendidik di daerah kami,” kata Kepala Dinas Pendidikan Takdir saat menerima audiensi Yayasan Pendidikan Adiluhung (YPAN) dan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Rabu (17/9/2020).

Upaya meningkatkan kualitas guru, salah satunya bekerja sama dengan YPAN seperti ini. Ada peningkatan mutu pendidikan, iman dan takwa dan literasi pendidikan

Dengan target meningkatkan kualitas para pendidik, Pemerintah Kabupaten Maros menyambut dengan tangan terbuka program dari Apkasi yang menggandeng YPAN. Apalagi, menurut Takdir, program tersebut bisa meningkatkan kualitas guru seperti yang selama ini diharapkan oleh pemerintah daerah.

Baca Juga :   Pelatihan Smart Teaching Guru PAUD dan SD di Kabupaten Blitar

“Upaya meningkatkan kualitas guru, salah satunya bekerja sama dengan YPAN seperti ini. Ada peningkatan mutu pendidikan, iman dan takwa dan literasi pendidikan,” ujar Takdir.

YPAN sendiri bergerak di bidang peningkatan mutu pendidikan seperti matematika menyenangkan yang mengajarkan kepada para guru bagaimana menerangkan pelajaran matematika menjadi lebih mudah, simpel dan menyenangkan. Pasalnya, pelajaran matematika justru bisa menghibur siswa karena disampaikan secara menarik.

Selain itu ada Smart Teaching dan Professional English Training. Menurut Manajer Program YPAN Tollaal Badru program Professional English Training memungkinkan siapa pun untuk mempelajari Bahasa Inggris secara mudah dan sederhana. Mereka yang mengikutinya pun bisa lebih cepat mahir berbahasa Inggris.

Baca Juga :   Pentingnya Penguasaan Bahasa Inggris bagi ASN di Ngawi

Sementara Himmatul Hasanah, Staf Ahli Apkasi bidang Pendidikan dan Kesehatan, menuturkan pihaknya menggandeng YPAN untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan di berbagai daerah. YPAN sudah memberi pelatihan kepada banyak guru di banyak kabupaten.*