Beranda Berita APKASI Apkasi Otonomi Expo 2020 Resmi Dibatalkan, Digelar Lagi Juli 2021

Apkasi Otonomi Expo 2020 Resmi Dibatalkan, Digelar Lagi Juli 2021

Apkasi Otonomi Expo 2020 (AOE2020), perhelatan akbar tahunan sebagai ajang promosi potensi dan investasi unggulan ini batal dilaksanakan karena pandemi Covid-19. Namun AOE2021 diharapkan bisa digelar pada Juli 2021.

44
0
Presiden Joko Widodo tampak meninjau stand Pemerintah Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan di ajang kegiatan pameran tahunan Apkasi Otonomi Expo. Tahun AOE 2020 dibatalkan karena Covid-19. (Foto: Apkasi)


SahabatGuru – Apkasi Otonomi Expo 2020 (AOE2020) yang seharusnya digelar akhir tahun ini dinyatakan batal. Perhelatan akbar tahunan sebagai ajang promosi potensi dan investasi unggulan ini batal dilaksanakan karena pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi), Najmul Akhyar di Jakarta, Selasa (25/8/2020).

Najmul Akhyar selaku Ketua Penyelenggara AOE2020 menjelaskan bahwa kondisi di Tanah Air, terutama di Jakarta sebagai tempat penyelenggaraan AOE2020, saat ini masih sangat riskan untuk dijadikan tempat berkumpul banyak orang. Pasalnya ini bisa mengundang klaster baru penyebaran Covid-19.

“Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, kegiatan pameran Apkasi Otonomi Expo selama 3 hari bisa dikunjungi sekitar 10.000 orang. Tentu ini jumlah sangat banyak,” kata Najmul.

Kita berharap tahun depan kondisinya sudah membaik dan memungkinkan untuk digelar Apkasi Otonomi Expo 2021

“Dalam situasi seperti sekarang ini, alangkah bijaknya jika kegiatan AOE2020 dibatalkan untuk mendukung upaya serius pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ujar dia melanjutkan.

Baca Juga :   Guru Honorer di Atas 35 Tahun Akan Tetap Diseleksi

Najmul, mewakili panitia penyelenggara dan Dewan Pengurus Apkasi, meminta maaf kepada para pihak yang terlibat atas pembatalan ini. Permintaan maaf disampaikan kepada semua pihak, khususnya peserta pameran dari pemerintah kabupaten/kota, kementerian, lembaga, perusahaan BUMN/swasta, UMKM, pengelola gedung, para mitra kerja, media partner baik media cetak dan online serta kepada khalayak masyarakat luas yang menantikan kegiatan pameran tahunan ini.

“Kami mohon maaf sebesar-besarnya atas pembatalan kegiatan AOE2020 ini. Kami juga memohon pengertiannya kepada semua pihak karena pandemi Covid-19 ini sungguh tak terduga yang menyebabkan semua lini menjadi lumpuh. Seraya kita terus berdo’a agar Allah SWT segera mengangkat pandemi Covid-19 ini dari tanah air dan perekonomian lekas pulih kembali,” kata Najmul yang juga Bupati Lombok Utara ini.

Baca Juga :   KKN UII Kembangkan One Village One Concept di Desa Petir

Apkasi Dorong Kabupaten Bangkit dan Pulihkan Ekonomi

Najmul menuturkan bila pandemi telah mengakibatkan terpuruknya perekonomian daerah. Kondisi ini menjadikan Apkasi sebagai wadah kerjasama antar kabupaten seluruh Indonesia memiliki kewajiban moral mengajak daerah untuk kembali bangkit. Daerah harus bisa menggerakkan dan memulihkan sendi-sendi perekonomian dan mempromosikan produk-produk dan investasi unggulan daerah pada Apkasi Otonomi Expo 2021 (AOE2021).

Ya, Apkasi Otonomi Expo diharapkan bisa digelar pada tahun depan. Menurut rencana AOE2021 digelar pada 5 sampai 7 Juli 2021. Expo digelar di Hall A&B Balai Sidang Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta.

“Kita berharap tahun depan kondisinya sudah membaik dan memungkinkan untuk digelar Apkasi Otonomi Expo 2021. Kegiatan ini insya Allah diselenggarakan pada 5-7 Juli 2021 di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta. Ini akan menjadi event yang lebih transaksional dengan menghadirkan para buyer dan investor potensial,” tuturnya sambil mengimbau pemerintah kabupaten sudah bisa mulai menganggarkan kegiatan AOE2021 melalui proses APBD.

Baca Juga :   APKASI Dorong Daerah Perkuat Kolaborasi dengan Arsitek

Najmul menambahkan, “Rangkaian kegiatan Apkasi Otonomi Expo 2021 juga akan lebih mengarah kepada ajang business matching yang tematik. Dengan demikian para peserta dengan leluasa dapat menawarkan produk-produk dan investasi unggulan masing-masing,” ujar dia.

“Apkasi akan serius memfasilitasi kepentingan daerah khususnya dalam mempromosikan semua potensi yang ada kepada buyer dan investor baik dari dalam maupun luar negeri. Kita harus tetap optimistis menyongsong tahun depan dan secara bersama-sama untuk bangkit dan memulihkan perekonomian di daerah,” kata Najmul memungkasi. *