Beranda Berita 25 Juli, Kemendikbud Gelar Webinar ‘Seru Belajar Kebiasaan Baru’

25 Juli, Kemendikbud Gelar Webinar ‘Seru Belajar Kebiasaan Baru’

62
0
Kemendikbud melalui Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) kembali menggelar webinar dengan tema ‘Seru Belajar Kebiasaan Baru’. Kemendikbud saat menggelar webinar ke-4 yang menyambut tahun ajaran baru. (Foto: kemdikbud.go.id)

SahabatGuru – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaaan (Kemendikbud) melalui Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) kembali menggelar webinar dengan tema ‘Seru Belajar Kebiasaan Baru’. Webinar kelima ini rencananya diselenggarakan pada Sabtu, 25 Juli 2020 pukul 10.00 WIB.

Kepala Pusat Penguatan Karakter, Hendarman menjelaskan kegiatan webinar ini mengangkat peran vital orang tua di masa pandemi untuk membimbing anak-anaknya di rumah. Menurut dia tema itu dipilih karena masih dalam suasana tahun ajaran baru di tengah pandemi dan harus mulai beradaptasi kebiasaan baru.

Peran menggantikan guru tersebut berpotensi terkendala apabila tidak ada komunikasi dan interaksi yang intens antara sekolah dan orang tua

Di era kebiasaan baru ini, semua pihak mempunyai peranan penting dalam mempersiapkan pendidikan dan iklim belajar yang menyenangkan bagi anak-anak khususnya.

Baca Juga :   Bila Murid Cemas dan Takut Dengan Guru Matematika

“Peran menggantikan guru tersebut berpotensi terkendala apabila tidak ada komunikasi dan interaksi yang intens antara sekolah dan orang tua,” kata Hendarman seperti dikutip laman kementerian di Jakarta, Kamis (23/07/2020).

Orang tua/wali murid, sekolah dan juga masyarakat tentunya menginginkan pendidikan yang terbaik bagi peserta didik. Setelah menyaksikan webinar ini, peserta diharapkan mengerti cara, metode dan persiapan belajar yang mengasyikkan dan juga aman diterapkan pada masa pandemi ini.

Pada webinar kali ini, Puspeka menghadirkan empat narasumber yang kompeten di bidangnya, yaitu Inspektur Jenderal Kemendikbud, Chatarina Muliana Girsang, Kepala Puspeka Kemendikbud, Hendarman, Kepala SDN 007 Cipaganti, Kota Bandung, Lilis Ratnasari, presenter Fadli, ayah dari empat anak, dan atlet pencak silat dan siswi berprestasi dari Palu, Sulawesi Tengah, Zahwa Diva Aulia. Selama dua jam, para pengisi acara akan berbagi informasi menarik dan akan dipandu oleh Sri Lestari Yuniarti, Analis Pendidikan Pusat Penguatan Karakter Kemendikbud.

Baca Juga :   Ternyata, Ada Satgas Yang Memantau Penerimaan Siswa Baru

Webinar akan disiarkan langsung melalui aplikasi Zoom yang dapat diakses oleh peserta yang sudah mendaftarkan diri melalui tautan pendaftaran: https://bit.ly/puspeka-sbkb. Peserta juga akan mendapatkan sertifikat setelah melengkapi presensi di akhir acara.

Selain itu, peserta dapat memperebutkan hadiah-hadiah menarik yang sudah dipersiapkan bagi penanya terpilih dan penjawab kuis tercepat. Selain melalui Zoom, webinar ini juga dapat disaksikan melalui kanal YouTube Cerdas Berkarakter Kemdikbud RI.

Webinar satu, dua dan tiga masih merupakan webinar rangkaian memperingati Hari Lahir Pancasila. Sedangkan webinar ke-4 dalam menyambut tahun ajaran baru yaitu dengan tema “Pengenalan Lingkungan Sekolah Secara Virtual: Menyambut Tahun Ajaran di Kenormalan Baru, Semua Terlibat Menjadi Hebat”.

Baca Juga :   CPNS Kemendikbud 2018, Absen Tes Wawancara Tidak Berarti Gugur

Pada webinar ke-4 disampaikan pula sekolah tetap dilarang untuk melaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Bahkan sekolah yang berada di zona hijau dan bisa melakukan kegiatan sekolah tatap muka tetap menerapkan protokol kesehatan. Orang tua juga diberikan imbauan tetap melaksanakan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) sesuai arahan pemerintah. *