Beranda Berita Tak Bisa Daftar PPDB, Orang Tua Siswa di Tangsel Kecewa

Tak Bisa Daftar PPDB, Orang Tua Siswa di Tangsel Kecewa

69
0
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel Taryono memastikan tidak ada masalah pendaftaran peserta didik baru secara daring meski ada yang menghadapi kendala. (Foto: istimewa)

SahabatGuru – Sejumlah orang tua murid mengaku kecewa lantaran gagal mendaftarkan anaknya di SMP Negeri di Tangerang Selatan melalui sistem penerimaan peserta didik baru atau PPDB 2020. Mereka kesulitan mendaftar secara daring atau online melalui situs PPDB.

Kekecewaan itu salah satunya diungkapkan oleh Rusman yang anaknya akan mendaftar di salah satu SMP Negeri di Tangsel. Ia mengaku sudah berkali-kali mencoba melalui situs PPDB, namun usahanya itu sia-sia.

Saya takut kalau besok besok masih belum bisa mendaftar lagi karena sulit mengakses,

“Saya sudah coba mendaftarkan anak saya melalui situs PPDB Tangerang Selatan sejak pukul 10 pagi. Namun sampai sore hari selalu gagal terus,” kata Rusman, Rabu (17/6/2020).

Lantaran gagal melulu, dia menjadi khawatir jika anaknya gagal masuk ke sekolah negeri karena tak bisa mendaftarkan anaknya melalui situs SMP Negeri yang dituju.

Baca Juga :   Ada Moratorium Guru, Terbit P3K

“Saya takut kalau besok besok masih belum bisa mendaftar lagi karena sulit mengakses,” kata dia.     

Rusman berharap agar Pemerintah Kota Tangerang Selatan khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk segera memperbaiki sistem situs penerimaan murid baru. Menurut dia tak hanya satu atau dua orang tua yang kesulitan mendaftar tetapi cukup banyak yang gagal melakukannya.

PPDB tahap pertama untuk SMP Negeri di Tangerang Selatan telah dibuka mulai Selasa (16/6/2020) sampai Sabtu (20/6/2020. Sementara pendaftaran untuk PPDB online Kota Tangerang Selatan tahap kedua bakal dibuka pada 20 Juni 2020 hingga 2 Juli 2020 di situs PPDB www.dikbud.tangerangselatankota.go.id.

Dikutip dari situs Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Selatan, pendaftaran PPDB tahap pertama dibuka untuk jalur zonasi dengan kuota 50 persen afirmasi 15 persen dan perpindahan orangtua atau wali 5 persen. Tahap kedua PPDB Tangerang Selatan dibuka hanya untuk jalur seleksi prestasi akademik nilai rapor dan prestasi hasil lomba kuotanya mencapai 30 persen dan jalur prestasi perlombaan memiliki kuota 5 persen.

Baca Juga :   Presiden Jokowi: Kemampuan Baca Siswa Indonesia Rendah

Pendaftaran PPDB SMPN Kota Tangerang Selatan bisa dilakukan di situs masing-masing sekolah, mulai dari SMPN 1 hingga SMPN 24 Kota Tangerang Selatan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh SahabatGuru, jadwal pendaftaran mandiri melalui jalur PPDB di salah satu SMP Negeri Tangsel justru baru dimulai pada 17-24 Juni 2020. Atau sehari setelah tanggal yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangsel.

Dalam edaran yang ditujukan kepada orang tua calon siswa, meminta kepada para pendaftar menunggu verifikasi oleh sistem PPDB (1×24 jam). Selanjutnya mereka mendapat notifikasi melalui aplikasi pesan WhatsApp.

Para calon peserta PPDB juga diminta mengirim berkas via salah satu situs sekolah yang dituju guna melakukan verifikasi dan validasi data agar dapat mendaftar di sistem PPDB.

Baca Juga :   8 Juni, Penerimaan Siswa Baru di Tangerang Selatan

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tangerang Selatan, Taryono membantah jika sistem pendaftaran PPDB online mengalami masalah. Ia mengaku sudah memantau kesiapan pendaftaran secara online dan tidak mengalami masalah.

“Tidak ada masalah. Ini saya sudah pantau semua berjalan lancar dan tidak ada problem,” kata Taryono. Irm