Beranda Berita SMP Swasta di Tangsel Beri Keringanan Biaya di Masa Pandemi Covid-19

SMP Swasta di Tangsel Beri Keringanan Biaya di Masa Pandemi Covid-19

76
0
Kepala SMP Islam Ruhama Juhdi Asidi menyatakan sekolah memberi keringanan biaya sekolah bagi siswa tak mampu karena pandemi Covid-19. (Foto: istimewa)

SahabatGuru – Sejumlah sekolah SMP swasta di wilayah Tangerang Selatan memberikan keringanan biaya SPP bagi para siswa di tengah pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan guna membantu siswa yang orang tuanya terkena dampak penyebaran virus corona.

Seperti dituturkan Kepala SMP Islam Ruhama Juhdi Asidi sejak virus corona merebak, dampaknya langsung dirasakan masyarakat. Banyak di antara mereka yang mengalami penurunan pemasukannya. Bahkan tak sedikit yang terpaksa kehilangan sumber penghasilan.

Untuk meringankan biaya, Juhdi mengatakan sekolah di bawah naungan Perguruan Islam Ruhama memberikan keringanan SPP bagi siswa tidak mampu. Dia berharap kebijakan ini bisa membantu keluarga dari siswa yang kekurangan.

Bagi orang tua, sekolah memberikan kelonggaran biaya agar bisa ikut kegiatan belajar di sekolah

“Ini sebagai bentuk empati kami kepada siswa yang orang tuanya terdampak langsung virus corona,” kata Juhdi di Tangerang Selatan, Selasa (2/6/2020).

Baca Juga :   Bupati Aceh Timur Ajak Perantau Tunda Mudik

Siswa yang baru mendaftar sekolah juga mendapat keringanan. Bagi siswa baru, keringanan diberikan dalam bentuk biaya masuk atau uang pangkal. Bahkan bagi calon siswa yang memiliki prestasi, sekolah memberikan gratis SPP selama satu semester.

“Bagi orang tua, sekolah memberikan kelonggaran biaya agar bisa ikut kegiatan belajar di sekolah,” ujar dia menerangkan 

Hal sama diberikan SMP Nusantara Plus yang memberikan keringanan biaya SPP bagi siswa tak mampu. Menurut Kepala Sekolah Gazalba tak sedikit orang tua siswa di sekolah yang kehilangan pekerjaan karena Covid-19.

“Bagi siswa yang tak mampu karena orang tuanya harus kehilangan pekerjaan atau terpaksa harus kehilangan penghasilan, kami memberikan keringanan biaya SPP,” ujar Gazalba.

Selama pandemi Covid-19, dia mengakui sangat berat bagi sekolah yang terletak di Kelurahan Pisangan, Ciputat Timur, Tangerang Selatan ini, dalam mengelola keuangan. Namun di sisi lain, pihak sekolah tak bisa menutup mata atas apa yang terjadi saat ini.

Baca Juga :   8 Juni, Penerimaan Siswa Baru di Tangerang Selatan

“Ini mungkin masa-masa yang berat bagi kami agar tetap bertahan. Dari segi pemasukan kami mengalami penurunan hingga 20-30 persen dari situasi normal. Padahal kami harus membayar operasional dan gaji para guru,” kata Gazalba.

Ia pun berharap agar pemerintah daerah bisa memberikan bantuan kepada sekolah swasta agar bisa melanjutkan proses belajar mengajar. “Bantuan BOS belum bisa menjawab kebutuhan kita selama ini,” pungkas dia. (rob)