Beranda Berita Pendaftaran Perguruan Tinggi Vokasi Resmi Dibuka

Pendaftaran Perguruan Tinggi Vokasi Resmi Dibuka

99
0
Penerimaan mahasiswa perguruan tinggi bidang vokasi, khususnya Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia telah dibuka melalui SBMPN atau jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri. Tampak siswa sebuah SMK sedang melakukan praktek di sekolahnya. (Foto: Sahabat Guru/G. Susatyo)

SahabatGuru – Penerimaan mahasiswa perguruan tinggi bidang vokasi, khususnya Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia telah dibuka melalui SBMPN atau jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri. Jalur ini merupakan jalur seleksi yang diperuntukkan bagi calon peserta atau siswa sekolah yang akan melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Pola seleksi ini tertuang dalam suatu sistem yang terpadu. Seleksi diselenggarakan secara serentak berdasarkan prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA) dan Kejar Paket C (lulusan tahun 2018, 2019 dan 2020).

Seleksi penerimaan mahasiswa baru ini memang mengalami perubahan akibat pandemi Covid-19. Pandemi ini mengakibatkan banyak adaptasi dalam berbagai sektor, termasuk pendidikan.

Cobalah dalami passion-nya. Jika lebih senang analitikal, masuk program S1. Namun kalau karakternya menyukai penerapan ilmu, lebih baik pilih vokasi

Hal ini pun mempengaruhi mekanisme dan seleksi penerimaan mahasiswa baru di hampir seluruh perguruan tinggi di Indonesia, tidak terkecuali jalur SBMPN. Pada masa pandemi ini, seleksi dilaksanakan melalui seleksi portofolio.

Baca Juga :   Mendikbud: Rektor Harus Optimalkan Merdeka Belajar

Jalur SBMPN tetap akan mengakomodir calon peserta atau siswa yang berasal dari keluarga ekonomi lemah dengan prestasi yang baik. Mereka bisa menjadi peserta program Beasiswa Bidikmisi yang kini berubah menjadi KIP-Kuliah.

Pilih Program Studi Sesuai Passion

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Vokasi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wikan Sakarinto mengatakan para calon mahasiswa yang mendaftar SBMPN 2020 harus diawali dengan pemilihan bidang vokasi yang tepat sesuai minat (passion). Salah satunya adalah mampu menentukan dan meneguhkan minat dan bakatnya melalui pemilihan program studi yang sesuai agar memiliki visi yang jelas.

“Cobalah dalami passion-nya. Jika lebih senang analitikal, masuk program S1. Namun kalau karakternya menyukai penerapan ilmu, lebih baik pilih vokasi,” kata Wikan saat memberi keterangan dalam jaringan (daring) di Jakarta, Selasa (19/5/20).

Baca Juga :   TP PKK Serentak Bagikan Masker di Aceh Timur

“Masuk perguruan tinggi, tentu sudah dipikirkan hendak jadi apa. Selain itu dipikirkan pula apakah pilihan pekerjaan itu akan membahagiakan calon mahasiswa tersebut. Jika pertanyaan ini bisa dijawab, maka passion-nya sudah tepat,” ujar dia

Pada SBMPN ini ditawarkan prodi Sarjana Terapan (D4) dan prodi D3. Untuk Sarjana Terapan, yang se-level S1, menerapkan komposisi pembelajaran minimal 60 persen praktek dan 40 persen teori, sama dengan prodi D3. Dengan demikian calon mahasiswa harus bisa menentukan passion, apakah lebih condong pada praktikal dan penerapan ilmu pengetahuan, atau condong pada analisis dan pengembangan ilmu pengetahuan.

Lulusan vokasi akan terjun dan mewarnai dunia kerja secara signifikan. Namun bagi yang menginginkan studi lanjut, mereka bisa melanjutkan ke program magister terapan (S2) yang sudah banyak dibuka di Indonesia. Tak hanya itu, para sarjana juga melanjutkan di kampus-kampus ternama di luar negeri. Dan, kelak bisa juga melanjutkan ke jenjang doktor terapan (S3).

Baca Juga :   Kemendikbud: Keterlibatan Industri Tingkatkan Mutu Pendidikan

Informasi lengkap serta tata cara pendaftaran Jalur SBMPN dapat diakses melalui laman https://sbmpn.politeknik.or.id dengan cara login menggunakan username dan password yang akan diberikan kepada peserta setelah melakukan registrasi dan pembayaran biaya pendaftaran.

Selanjutnya pendaftar akan diarahkan untuk memasukkan data secara daring. Selain mengakses laman https://sbmpn.politeknik.or.id peserta dapat juga menghubungi politeknik negeri terdekat yang tergabung dalam SBMPN. *