Beranda Berita Sekolah Swasta di Tangerang Selatan Perlu Diberi Subsidi

Sekolah Swasta di Tangerang Selatan Perlu Diberi Subsidi

25
0
Sekolahswasta di Tangerang Selatan perlu mendapat subsidi selama pandemi Covid-19. Tampak para murid sedang belajar di sebuah sekolah swasta. (Foto: Sahabat Guru/G. Susatyo)

SahabatGuru – Koordinator Tangerang Public Transparancy Watch (Truth), Aco Ardiansyah berharap agar Pemerintah Kota Tangerang Selatan bisa melakukan inovasi, khususnya kebijakan di sektor pendidikan, selama pandemi Covid-19. Menurutnya, salah satu kebijakan yang bisa dilakukan dengan memberikan subsidi kepada sekolah swasta dengan memperhatikan postur anggaran di sektor pendidikan.

Sekolah swasta membutuhkan subsidi dan itu bisa dilakukan pemerintah. Namun pemerintah kota juga harus hati-hati saat mengeluarkan anggaran.

Pemerintah kota harus berhati-hati bila akhirnya mengeluarkan anggaran. Paling mungkin adalah menekan SPP. Apalagi saat ini siswa belajar dari rumah selama pandemi

Kelonggaran SPP itu bisa diberikan dalam bentuk potongan iuran selama masa penyebaran virus corona. Tapi seharusnya kebijakan ini harus dibicarakan terlebih dahulu bersama para stakeholder penyelenggara pendidikan agar bisa mencari solusi bersama.

Baca Juga :   Menteri KLH: Sekolah Sangat Peduli Lingkungan Hidup

“Pemerintah kota harus berhati-hati bila akhirnya mengeluarkan anggaran. Paling mungkin adalah menekan SPP. Apalagi saat ini siswa belajar dari rumah selama pandemi,” kata Aco dalam keterangannya, Sabtu (16/5/2020).

Dalam memberikan subsidi bagi sekolah swasta, pemerintah daerah di antaranya bisa menggunakan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Namun penggunaannya masih bisa dipertanggungjawabkan.

“Sepanjang masuk akal dan tidak diskriminatif, tentu bisa dilakukan,” ujar Aco.

Ia juga menekankan perlunya pertimbangan dalam mengkover SPP siswa sekolah swasta. Pasalnya alasan pengunaan dana itu memang masuk akal dan postur anggaran mencukupi.

“Selama alasannya masuk akal dan postur anggaran mencukupi, ya bisa aja,” ujar Aco lagi.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Tangerang Selatan Taryono mengaku sudah memberikan imbauan kepada sekolah swasta agar memberikan keringanan terkait kewajiban membayar orangtua siswa selama masa pandemi berlangsung.

Baca Juga :   Resmi, PPDB 2019 Kuota Jalur Zonasi 90 Persen

Tapi di sisi lain, Taryono menambahkan masyarakat harus memahami bahwa sekolah swasta juga memerlukan bantuan orang tua siswa untuk membayar honor guru serta biaya operasional lainnya.

“Harus ada saling pengertian antara pihak sekolah dan orangtua siswa,” ujar Taryono (Irm) *