Beranda Berita Kabupaten Aceh Timur Alokasikan Anggaran 30,7 M Tangani Covid-19

Kabupaten Aceh Timur Alokasikan Anggaran 30,7 M Tangani Covid-19

140
0
Forkopimda dan OPD Kabupaten Aceh Timut menggelar rapat koordinasi anggaran penanganan Covid-19 di kantor TAPK Aceh Timur, Rabu (6/5/2020). (Foto: Bagian Humas dan Protokol Setdakab Aceh Timur)

SahabatGuru – Pemerintah Kabupaten Aceh Timur mengalokasikan anggaran sebesar Rp30,7 miliar untuk penanganan Covid 19. Bupati H. Hasballah Bin H. M Thaib mengatakan penanganan pandemi di Aceh Timur harus dilakukan secara serius dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Begitu juga anggaran yang dialokasikan harus tepat penggunaannya dan dpat dipertanggungjawabkan.

Menurut bupati dana yang dianggarkan memang terhitung besar. Dia mengingatkan kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tidak main-main dengan anggaran tersebut.

“OPD tidak boleh main- main dengan biaya yang sebesar itu. Anggaran harus direalisasikan dengan baik dan tidak menyalahi aturan. Untuk lebih efektif lagi, peran inspektorat  sangat penting untuk mengawasi penggunaan anggarannya,” kata Bupati Hasballah dalam rapat koordinasi anggaran penanganan virus corona di Aceh Timur, akhir pekan lalu.

Baca Juga :   Milenial Jadi Kata Bahasa Indonesia Terpopuler Tahun 2019

Bupati menuturkan meski Aceh Timur masih merupakan zona hijau namun seluruh jajaran OPD hingga kecamatan tetap harus memperketat protokol kesehatan. Termasuk bidang kesehatan dengan ketersediaaan kelengkapan APD bagi tenaga medis. Bupati meminta langsung agar tidak mengabaikan kebutuhan tenaga medis yang bertugas menangani pasien Covid-19.

“Tenaga medis merupakan garda terdepan. Jangan sampai kebutuhan mereka tidak terpenuhi terutama dalam kelengkapan APD,” ujar Bupati Rocky, sapaannya.

“Meski masih berada di zona hijau, kami tidak boleh menganggap remeh penyebaran penyakit ini. OPD, camat dan keuchik harus serius mendeteksi masyarakat yang terjangkit. Bentuk tim dan turun melihat kesiapan posko-posko yang ada di desa,” katanya.

Sementara, Sekretaris Daerah M. Ikhsan Ahyat dana sebesar itu ditetapkan melalui pembahasan bersama. Dana tersebut dialokasikan untuk bidang penanganan kesehatan, penanganan dampak ekonomi, dan cadangan Belanja Tidak Terduga (BTT)

Baca Juga :   Ungkap Jaringan Narkotika, Bupati Rocky Beri Penghargaan Polres Aceh Timur

“TAPK bersama OPD telah melakukan refocusing serta realokasi anggaran dengan mekanisme rasionalisasi pemangkasan. Kami juga menyusun berbagai langkah atau kebijakan strategis untuk penanganan virus corona sehingga kita temukan sumber anggaran sebanyak Rp30,7,” kata Ikhsan Ahyat

“Angaran ini pada dasarnya masih utuh dan belum direalisasikan. Untuk tindak lanjutnya, anggaran tersebut akan diposkan langsung kepada masing- masing OPD yang terkait,” ujar dia.*