Beranda Berita UN SMK, Ada 200 Kompetensi Keahlian Diujikan

UN SMK, Ada 200 Kompetensi Keahlian Diujikan

170
0
Ada 200 kompetensi keahlian diujikan pada Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun ini. Tampak siswa sebuah SMK mengikuti pelajaran praktek di lapangan. (Foto: Sahabat Guru/G. Susatyo)

SahabatGuru – Ujian Nasional (UN) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tinggal hitungan pekan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) juga memastikan tidak ada kendala persiapan UNK SMK.

Menurut Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kemendikbud Bahrun UN SMK yang rencananya dilaksanakan mulai 16 Maret 2020 ini sudah hampir siap. Bahrun juga mengatakan ada 200 kompetensi keahlian diujikan pada Ujian Nasional.

“Sejauh ini, persiapan UN SMK sudah hampir 100 persen. Untuk tahun ini ada 200 kompetensi yang diujikan,” ujar Bahrun di Jakarta seperti dikutip antaranews.com.

Dia menuturkan UN SMK tetap akan dilaksanakan sesuai jadwal UN dan tidak terpengaruh dengan kasus merebaknya virus corona atau COVID-19. Meski demikian, Bahrun mengatakan akan mengikuti protokol khusus yang sudah ditetapkan pemerintah.

Baca Juga :   Pemerintah Batalkan Pelaksanaan UN 2020

“Kami tetap akan mengikuti protokol kesehatan dari pemerintah. Yang jelas, UN SMK tetap dilaksanakan,” kata dia menambahkan.

UNBK untuk jenjang SMK akan diselenggarakan 16 Maret hingga 19 Maret 2020. Kemudian UNBK untuk SMA/MA dilaksanakan 30 Maret hingga 2 April 2020. Untuk jenjang SMP/MTs, UN akan diselenggarakan pada 20 April hingga 23 April 2020.

Pemerintah mengeluarkan protokol umum untuk institusi pendidikan terkait merebaknya pandemi COVID-19, antara lain membiasakan cuci tangan, membersihkan ruangan sekolah, memberikan dispensasi bagi pelajar yang sakit, dan memastikan makanan yang ada di sekolah sehat.*