Beranda Berita Guru di Lombok Timur Sebut Smart Teaching Luar Biasa

Guru di Lombok Timur Sebut Smart Teaching Luar Biasa

140
0
Guru PAUD, TK dan SD di Kabupaten Lombok Timur mendapat kesan yang luar biasa saat mengikuti workshop Peningkatan Mutu Pendidikan dari APKASI. (Foto: Sahabat Guru)

SahabatGuru – Para guru PAUD, TK dan SD di Kabupaten Lombok Timur mendapat pengetahuan baru tentang bagaimana mengajar secara smart. Mereka memberi kesan yang luar biasa saat mengikuti workshop Peningkatan Mutu Pendidikan yang diselenggarakan di Gedung Wanita sejak Senin (2/3/2020).

Workshop yang digelar Asosiasi Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) diikuti tidak kurang 1.800 guru. Mereka mendapat materi pelatihan Matematika dan Smart Teaching.

Menurut Hunna, guru di SDN 1 Jurit, Lombok Timur, pelatihan yang diberikan memang luar biasa. Dia memastikan apa yang diterimanya dari workshop ini bakal dipraktekkan di depan kelas. Pasalnya yang mendapat manfaat dari pelatihan itu dipastikan para peserta didik.

Kami, para guru, mungkin tidak bisa menerapkan 100 persen apa yang disampaikan. Bisa 10, 20 atau 30 persen yang disampaikan ke siswa. Tetapi itu sudah sangat bermanfaat

“Luar biasa memang pelatihan ini. Tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Selama ini kami sudah sering mengikuti workshop. Namun kami tidak pernah mendapatkan ilmu seperti ini. Semangat dari trainer juga luar biasa,” kata Hunna.

Baca Juga :   Ungkap Jaringan Narkotika, Bupati Rocky Beri Penghargaan Polres Aceh Timur

“Kami, para guru, mungkin tidak bisa menerapkan 100 persen apa yang disampaikan. Bisa 10, 20 atau 30 persen yang disampaikan ke siswa. Tetapi itu sudah sangat bermanfaat,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Endang Wuryaningsih, Kepala SDN 6 Dasan Lekong. Menurut dia apa yang diterima di workshop ini menjadi motivasi bagi para guru untuk memberikan yang terbaik bagi anak didik.

“Mudah-mudahan yang kami terima ini menjadi motivasi kami ke depan. Semua ini tidak untuk siapa-siapa tetapi untuk anak-anak bangsa ini,” ujar Endang.

“Saya sering sedih karena anak-anak sekarang lebih menyukai film-film. Workshop ini menjadikan kami harus lebih baik lagi. Kami pinya semangat menjadikan anak didik lebih baik,” kata dia lagi.

Baca Juga :   CPNS Kemendikbud 2018, Absen Tes Wawancara Tidak Berarti Gugur

Workshop untuk meningkatkan mutu guru itu diselenggarakan APKASI yang menggandeng Yayasan Adiluhung Nusantara (YPAN). APKASI yang beranggotakan para bupati dari seluruh kabupaten di Indonesia ini memberi perhatian kepada upaya meningkatkan mutu para pendidik. Pasalnya, guru memiliki peran penting mendidik anak-anak yang merupakan generasi masa mendatang Indonesia.*