Beranda Berita ADIRESY Pelatihan Smart Teaching Guru PAUD dan SD di Kabupaten Blitar

Pelatihan Smart Teaching Guru PAUD dan SD di Kabupaten Blitar

75
0
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar Budi Kusumarjaka menyatakan pelatihan Adiresy Smart Teaching Indonesia memberi manfaat besar bagi guru PAUD, TK dan SD di Kabupaten Blitar. (Foto: Sahabat Guru)

SahabatGuru – Para guru PAUD, TK sampai SD di Kabupaten Blitar mengikuti pelatihan Adiresy Smart Teaching Indonesia. Pelatihan yang berakhir pada Rabu (19/2/2020) diikuti tidak kurang 2000 guru.

Pelatihan itu sendiri digelar di aula Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar sejak Kamis (13/2/2020). Pelatihan tersebut merupakan program peningkatan mutu pendidikan dari Asosiasi Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) melalui mitranya Yayasan Adiluhung Nusantara (YPAN).   

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar Budi Kusumarjaka menuturkan bila pelatihan berupa smart teaching ini sangat membantu para guru menambah pengetahuan baru. Menurut Budi guru dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman dengan teknologi yang berkembang pesat. Guru tidak boleh gagap teknologi dan harus selalu up to date dengan dunia 4.0.

Baca Juga :   Pemkab Sergai dan APKASI Gelar Peningkatan Mutu Pendidikan

Guru memang harus melakukan up to date ilmu. Pasalnya teknologi sudah makin berkembang. Guru juga dihadapkan persoalan yang kian komplek, termasuk masalah karakter yang harus diperbaiki

“Setelah tiga tahun akhirnya pelatihan kembali diadakan, tetapi pelatihannya dengan materi lanjutan atau up grade. Ini memang kami perlukan untuk menambah pengetahuan bagi guru,” kata Kadis Pendidikan Budi Kusumarjaka.

“Guru memang harus melakukan up to date ilmu. Pasalnya teknologi sudah makin berkembang. Guru juga dihadapkan persoalan yang kian komplek, termasuk masalah karakter yang harus diperbaiki,” ucapnya.

Kepala dinas mengingatkan pentingnya peran agama dalam mencari solusi permasalahan dalam kehidupan setiap orang. Menurut dia selalu ada solusi dalam agama yang dianut setiap orang.

Baca Juga :   Mantap, Bekasi Segera Operasikan Bus Sekolah
Para guru PAUD, TK sampai SD di Kabupaten Blitar mengikuti pelatihan Adiresy Smart Teaching Indonesia. Pelatihan diadakan APKASI melalui mitranya Yayasan Adiluhung Nusantara. (Foto: Sahabat Guru)

“Saat mencari solusi untuk permasalahan, salah satunya kembali kepada dasar agama masing-masing. Kita kembali pada kitab dan tuntunannya. Semua solusi permasalahan dalam hidup ini ada solusinya di dalam agama. Contohnya dalam Islam, solusi masalah kita adalah sabar dan sholat. Pun dengan agama lain selalu ada solusinya,” kata dia lagi.

Kepala dinas melanjutkan bila pelatihan dari Smart Teaching ini setidaknya memberi tambahan pengetahuan bagi guru yang bisa diterapkan di kelas. Bagaimana guru bisa menghadapi anak didiknya dengan penuh keceriaan dan gembira. Para anak didik pun mendapat pembelajaran karakter dengan penuh suka cita.

“Yang penting adalah proses yang harus didilannutkan setelah pelatihan. Guru harus menerapkan ilmu dan pengetahuan yang diperolehnya di sekolah,” ujar kadis.*

Baca Juga :   Ingin Lulus Tes CPNS 2018, Lakukan Dua Cara Ini