Beranda Berita Kabupaten Lombok Barat Selenggarakan English Camp Pada April 2020

Kabupaten Lombok Barat Selenggarakan English Camp Pada April 2020

61
0
Bupati Lombok Barat Fauzan Khalid (kanan) akan melakukan launchinh English Camp yang bekerjasama dengan APKASI. Hal itu disampaikannya saat menerima audiensi staf ahli bidang pendidikan APKASI, Himmatul Hasanah (kiri), Senin (3/2/2020). (Foto: sahabat guru)

SahabatGuru – Pemerintah Kabupaten Lombok Barat akan melakukan launching English Camp yang bekerjasama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI). Setelah meluncurkan English Camp, pemkab menggelar Professional English Training atau Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Bahasa Inggris cepat. Diklat akan diikuti perangkat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun kepala sekolah SD dan SMP.

“Kabupaten Lombok Barat akan meluncurkan atau melakukan launching English Camp. Ini merupakan kerjasama Pemkab dengan APKASI. Setelah launching diadakan Diklat Bahasa Inggris cepat karena pelaksanaannya hanya tiga hari,” kata Bupati Fauzan Khalid saat menerima audiensi staf ahli bidang pendidikan APKASI, Himmatul Hasanah, Senin (3/2/2020).

Dengan adanya English Camp dan kemudian dilaksanakannya diklat, bupati berharap kemampuan berbahasa Inggris para Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa ditingkatkan. Mereka harus lebih fasih berkomunikasi menggunakan bahasa internasional tersebut.

Baca Juga :   Peningkatan Mutu Pendidikan Guru PAUD dan SD Digelar di Aceh Timur

Para ASN, apalagi guru sesungguhnya telah memahami Bahasa Inggris karena bahasa itu diajarkan di sekolah formal. Hanya, mereka menguasai tata bahasa tetapi tidak berani berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.

Adanya diklat itu seperti memecah kebuntuan atau bagaimana meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris yang sesungguhnya sudah dikuasai tata bahasanya.

Menurut Himmatul dalam audiensi itu, APKASI tidak hanya menyampaikan program diklat Bahasa Inggris kepada Kabupaten Lombok Barat. APKASI juga menyampaikan program peningkatan Iman dan Taqwa (Imtaq) dan tata kelola pemerintahan dan pendidikan. Program itu rencananya dilaksanakan di Turki. Selain itu program literasi pendidikan dengan adanya Majalah Sahabat Guru dan portal berita sahabatguru.com.

“Jadi ada tiga program yang disampaikan dalam audiensi tersebut. Sedangkan untuk English Camp merupakan kerjasama Pemkab dengan APKASI,” tutur Himmatul.

Baca Juga :   Kado Spesial Presiden Jokowi Untuk Guru Honorer

Bupati menyambut semua program dari APKASI yang dinilai memberi manfaat besar bagi masyarakat.*