Beranda Berita Siswa SD di Jeneponto Belajar di Kolong Rumah

Siswa SD di Jeneponto Belajar di Kolong Rumah

40
0
Suasana belajar mengajar siswa SDN 209 Tobereka di kolong rumah salah satu warga di Desa Borongtala, Kecamatan Tamalate, Kabupaten Jeneponto, Sulsel. (Foto: antaranews.com)

SahabatGuru – Kondisi memprihatinkan dirasakan siswa di Sekolah Dasar Negeri 09 Tobereka di Desa Borongtala, Kecamatan Tamalate, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan. Mereka terpaksa bersekolah di kolong rumah warga. Ruangnya pun serba terbuka meski terlindungi dari terik panas matahari.

Tidak kurang 157 siswa yang belajar di kolong rumah sejak September 2019. Pasalnya, gedung sekolah mereka masih direnovasi. Hanya, renovasi yang dilakukan tidak kunjung selesai.  

Kepala SDN 209 Tobereka, Alimuddin menuturkan bila ruang kelas yang digunakan memang tidak layak untuk proses belajar mengajar. Namun mereka juga tidak bisa menggunakan ruang kelas yang masih direnovasi.

“Siswa-siswa kami terpaksa bersekolah di kolong rumah warga sejak September 2019. Sekolah yang ada sudah tidak layak untuk proses belajar-mengajar sehingga harus direnovasi,” kata Alimuddin seperti dikutip antaranews.com.

Menurut Alimuddin sekolah memang harus direnovasi karena kondisinya sudah tidak layak sehingga dikhawatirkan membahayakan siswa jika dipaksakan tetap belajar di ruang kelas. Sekolah pun dilakukan renovasi. Sambil menunggu selesainya renovasi, ratusan siswa terpaksa belajar di bawah kolong rumah.

Baca Juga :   Atasi Kekurangan Guru, Masa Pengabdian Guru Diperpanjang

Alimuddin mengakui suasana belajar-mengajar di kolong rumah itu tidak kondusif. Pasalnya tidak ada pembatas ruangan. Akibatnya, para guru yang menjelaskan mata pelajaran juga terdengar satu sama lain.

Dikatakannya dalam satu kolong rumah, terdapat tiga kelas yakni kelas 1 dan kelas 4 di bagian depan. Sedangkan di bagian belakang kolong rumah untuk kelas 2.

Alimuddin berharap renovasi sekolah SDN 209 bisa dirampungkan secepatnya. Dengan demikian proses belajar-mengajar kembali normal. Apalagi saat ini sudah memasuki musim hujan. *