Beranda Berita ADIRESY Peningkatan Mutu Pendidikan Guru PAUD dan SD Digelar di Aceh Timur

Peningkatan Mutu Pendidikan Guru PAUD dan SD Digelar di Aceh Timur

81
0
APKASI melalui Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara menggelar workshop Peningkatan Mutu Pendidikan bagi guru PAUD/TK dan SD di Kabupaten Aceh Timur, Selasa (28/1/2020). (Foto: sahabat guru)

SahabatGuru – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) melalui Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara menggelar workshop Peningkatan Mutu Pendidikan bagi guru PAUD/TK dan SD di Kabupaten Aceh Timur, Selasa (28/1/2020). Pelatihan yang merupakan kerjasama APKASI dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur itu diikuti 150 guru TK/PAUD dan 567 guru SD.

Pelatihan berlangsung di Aula Serbaguna Idi dibagi dalam tiga gelombang yang dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut dan berakhir pada Kamis (30/1/2020). Bagi guru TK/PAUD mendapat materi smart teaching. Sedangkan guru SD menerima materi yang berbeda, yaitu matematika smart.

Bupati Aceh Timur H. Hasballah HM. Thaib, dalam sambutannya melalui Asisten Administrasi Umum Setdakab Aceh Timur, M. Amin menyampaikan pentingnya guru meningkatkan kompetensi karena mereka adalah pembimbing anak-anak di sekolah. Guru merupakan komponen penting dalam pendidikan sehingga diperlukan guru yang berkompeten dan profesional.

Baca Juga :   Pelatihan Matematika dan Bahasa Inggris Digelar di Pemalang

Saya berharap peserta workshop bisa memanfaatkan kegiatan itu dengan baik. Tak hanya itu, apa yang diperoleh dari workshop ini bisa diterapkan di dalam kelas

“Peran penting ini menjadikan guru perlu meningkatkan kompetensinya karena guru yang merupakan pembimbing anak-anak. Guru merupakan komponen penting dalam pendidikan. Dan pendidikan akan membawa anak didik menjadi manusia yang bermartabat,” kata Bupati dalam sambutannya yang disampaikan M. Amin.

“Akhir-akhir ini banyak kasus yang menimpa anak-anak kita. Jadi perlu pembentukan karakter yang baik dari para guru, keluarga, sekolah dan masyarakat,” ujarnya.

Bupati menuturkan melalui workshop dari APKASI itu diharapkan ada peningkatan kualitas atau mutu para pendidik. Pasalnya workshop itu menjadi salah satu cara bagaimana meningkatkan kualitas pendidikan di Aceh Timur.

Baca Juga :   Sambutan Ketua Umum PB PGRI Pada Hari PGRI dan HGN

“Saya berharap peserta workshop bisa memanfaatkan kegiatan itu dengan baik. Tak hanya itu, apa yang diperoleh dari workshop ini bisa diterapkan di dalam kelas,” kata bupati lagi.

Sementara, Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, Saiful Basri mengatakan bila workshop tersebut merupakan upaya meningkatkan mutu guru sebagai tenaga pendidik khususnya di tingkat TK/PAUD dan SD. Para guru pun diharapkan bisa menerapkannya di kelas. Mereka makin smart dalm mengajar. Anak-anak pun tak bosan dalam menerima pelajaran karena guru bisa menyampaikannya secara kreatif. *