fbpx
Beranda Berita Pemkab Karangasem Beri Perhatian Penguasaan Bahasa Inggris

Pemkab Karangasem Beri Perhatian Penguasaan Bahasa Inggris

0
133
Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa (ketiga dari kiri) usai menerima mitra APKASI Arsi Diyani (ketiga dari kanan) dan Yovi Sandra (kedua dari kanan) di Karangasem, Rabu (22/1/2020). (Foto: sahabat guru)

SahabatGuru – Pemerintah Kabupaten Karangasem memberi perhatian terhadap kemampuan berbahasa Inggris para Aparat Sipil Negara (ASN) dan tidak ketinggalan para guru. Penguasaan Bahasa Inggris tidak hanya teori saja tetapi yang penting adalah kemampuan berbicara.

Ini yang menjadikan Kabupaten Karangasem sangat terbuka dengan program-program dari Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI). Pasalnya program dari APKASI banyak terkait dengan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa saat menerima audiensi dari Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara dan SahabatGuru yang merupakan mitra APKASI, Rabu (22/1/2020). Audiensi juga dihadiri Kepala BKPSDM Gusti Gede R, Kadis Kominfo I Komang Daging, Kadis Pariwisata I Ketut Sadana Merta, Kabid Pembinaan Ketenagaan Disdikpora Ida Made Amitaba, Kasi SDP Dinas Pariwisata Ida Ayu Dinaskini dan Kasubid Diklat N. Ari Atmaja.

Baca Juga :   Sekolah Bukan Bimbel, Ini Penjelasan Guru Besar UI

Bahasa tidak hanya sebuah teori tetapi penguasaan dalam komunikasi. Dan ini yang harus lebih ditingkatkan daripada hanya kemampuan dalam teori saja

Sedangkan dari mitra APKASI, Arsi Dwiyani menyampaikan program literasi sahabat guru dalam audiensi tersebut. Untuk program smart english disampaikan Yovi Sandra

Menurut Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa pihaknya siap mendukung dan mengikuti segala program yang diberikan APKASI. Dirinya juga menyampaikan pentingnya kebutuhan bahasa terutama Bahasa Inggris yang tidak sekadar menguasai teori tetapi terutama untuk percakapan. Dan, ini sudah menjadi sesuatu yang wajib dikuasai.

“Kebutuhan Bahasa Inggris memang sangat penting dan wajib dikuasai. Selama ini sudah terbentuk dalam mind set bahwa bahasa merupakan pencapaian skor. Padahal semua itu harus diimbangi dengan pencapaian kemampuan berbicara atau speaking ability,” kata I Wayan Artha Dipa.

Baca Juga :   Resmi, PPDB 2019 Kuota Jalur Zonasi 90 Persen

Disampaikan oleh wakil bupati penguasaan teori bahasa asing seperti Bahasa Inggris sesungguhnya masih belum cukup. Menurutnya penguasaan dalam berkomunikasi yang harus menjadi perhatian.

“Bahasa tidak hanya sebuah teori tetapi penguasaan dalam komunikasi. Dan ini yang harus lebih ditingkatkan daripada hanya kemampuan dalam teori saja,” ujar wakil bupati yang merencanakan program Professional English Training dari APKASI bisa dilaksanakan pada bulan Februari 2020. Bahkan dia merencanakan program untuk Kabupaten Karangasem itu digelar di kantor pusat APKASI di Jakarta.

“Kami merencanakan mengikuti program Professional English Training dan akan diadakan di kantor pusat APKASI,” kata wakil bupati.

Sementara, Arsi dari YPAN menuturkan bila program pelatihan Bahasa Inggris ini ditujukan bagi ASN dan guru SMP maupun SD serta PAUD. Sedangkan program literasi yaitu mengharapkan guru-guru di Kabupaten Karangasem untuk berkontribusi menuangkan gagasan di media Sahabat Guru.*

TIDAK ADA KOMENTAR