Beranda Berita ADIRESY Pelatihan Bahasa Inggris Profesional Digelar di Kementerian Agama

Pelatihan Bahasa Inggris Profesional Digelar di Kementerian Agama

66
0
Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) melalui Yayasan Adiluhung menggelar Professional English Training di Kementerian Agama RI mulai Selasa (14/1/2020) sampai Kamis (16/1/2020). (Foto: sahabat guru)

SahabatGuru – Penguasaan Bahasa Inggris terutama untuk percakapan (conversation) kian penting. Masyarakat dari satu negara kian intensif menjalin komunikasi dengan masyarakat dari negara lain. Hubungan antarnegara pun kian mudah dilakukan. Dan, Bahasa Inggris menjadi sarana untuk berkomunikasi bagi mereka.

Pentingnya Bahasa Inggris ini yang menjadikan Direktorat KSKK Madrasah Kementerian Agama RI menggelar pelatihan bahasa internasional itu bagi pegawai atau staf. Pelatihan ini tak membahas soal grammar atau tata bahasa tetapi bagaimana berkata-kata lebih lancar dalam Bahasa Inggris.

Program Professional English Training disajikan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) melalui Yayasan Adiluhung. Pelatihan itu yang diikuti 50 peserta ini dilaksanakan di Ruang Sidang Direktorat KSKK Madrasah Lantai 6 mulai Selasa (14/1/2020) sampai Kamis (16/1/2020). Pelatihan disampaikan oleh coach Aditya Surya yang menyampaikan materi dengan penuh keceriaan. Pelatihan Bahasa Inggris pun menyenangkan dan terasa mudah untuk dipraktekkan.

Baca Juga :   Bupati Harapkan Guru di Pekalongan Terapkan Smart Teaching di Kelas

Program ini sangat tepat dengan program kami di Kemenag. Apalagi Bapak Menteri sudah mengimbau agar madrasah harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris

“Penguasaan percakapan Bahasa Inggris itu tidak sulit. Jangan terpancang pada grammar. Dan, jangan takut salah saat mencoba,” kata Aditya.   

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama H. A. Umar dalam sambutannya menyampaikan bila program pelatihan itu sangat bermanfaat bagi para pegawai. Menurutnya Bahasa Inggris harus dikuasai oleh siapa pun.

Coach Aditya Surya saat menyampaikan materi Professional English Training di Kementerian Agama RI yang diselenggarakan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) melalui Yayasan Adiluhung . (Foto: sahabat guru)

“Ini merupakan yang sangat bagus dan bermanfaat. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang harus kita kuasai,” kata H. A. Umar saat memberi sambutan, Selasa.

Baca Juga :   Pentingnya Penguasaan Bahasa Inggris bagi ASN di Ngawi

“Program ini sangat tepat dengan program kami di Kemenag. Apalagi Bapak Menteri sudah mengimbau agar madrasah harus memiliki kemampuan berbahasa Inggris. Karena itu dari Kemenag harus lebih dulu menguasai Bahasa Inggris, terutama dalam berkomunikasi,” ujarnya.

Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) melalui Yayasan Adiluhung menggelar Professional English Training di Kementerian Agama RI mulai Selasa (14/1/2020) sampai Kamis (16/1/2020). (Foto: sahabat guru)

Umar melanjutkan bila Kemenag juga kerap menjalin hubungan dengan pihak luar negeri. Dengan demikian pegawai Kemenag harus lebih banyak menggunakan Bahasa Inggris dalam berkomunikasi.

“Kemenag sudah menjalin hubungan dengan pihak asing atau luar negeri seperti dengan World Bank. Jadi, Bahasa Inggris memang sangat penting bagi kita semua,” kata Umar yang berharap usai pelatihan para peserta mempraktekkannya dalam aktivitas di lingkungan pekerjaan.

Baca Juga :   Seleksi CPNS Bersih Dari Joki dan Calo

“Kita di Kemenag harus membiasakan diri berbahasa Inggris di berbagai aktivitas keseharian,” tuturnya.*