Beranda Berita ADIRESY Adiresy Smart English Memang Beda

Adiresy Smart English Memang Beda

176
0
Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dengan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) menggelar pelatihan Bahasa Inggris cepat bagi para guru di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, akhir Maret lalu. (Foto: sahabat guru)

SahabatGuru – Orang bilang belajar Bahasa Inggris itu susah. Perlu waktu beberapa semester bahkan hingga bertahun-tahun untuk mempelajari 16 tenses dalam Bahasa Inggris yang dimulai dari jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan menengah atas. Siswa dijejali dengan konsep-konsep yang disampaikan secara tidak utuh bahkan seringkali menimbulkan berbagai pertanyaan.

Alih-alih menguasai semua konsep berbahasa, namun sejatinya konsep yang telah dipelajari lambat laun kian terkikis karena tidak diaplikasikan dalam proses pembelajaran. Kini, tak sekadar mempelajari grammar yang terkungkung pada patokan baku yang telah dipelajari di bangku sekolah, pelatihan ini memberikan sentuhan pengalaman yang berbeda dalam mempelajari Bahasa Inggris dengan cepat.

Pelatihan yang dijuluki Bahasa Inggris cepat ini dikemas secara interaktif oleh coach Aditya Surya bagi para guru Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, akhir Maret lalu. Kolaborasi antara Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) dengan Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) Yogyakarta ini merupakan bagian program Peningkatan Mutu Pendidikan di daerah.

Baca Juga :   Bupati Aceh Timur Ajak Masyarakat Cegah Corona dengan Pola Hidup Sehat

Bahasa Inggris adalah kebutuhan, karena kita sudah mendeklarasikan bahwa Lombok merupakan destinasi wisata dunia. Oleh karena itu bahasa Inggris sangatlah berguna bagi kehidupan kita

“Bahasa Inggris itu tidak sulit. Sebagaimana saat kami mengetahui sebelumnya bahwa pelatihan bahasa Inggris dengan sistem ini sangat membantu dalam berkomunikasi. Semoga program APKASI ini bisa diterapkan di seluruh Indonesia,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Lombok Utara, Fauzan.

Bahasa Inggris adalah Kebutuhan

Wilayah Kabupaten Lombok Utara merupakan daerah destinasi wisata. Berbagai potensi alam yang terdapat di daerah Lombok Utara menarik para wisatawan domestik maupun manca negara untuk singgah di Kabupaten Lombok Utara. Adanya pelatihan ini secara langsung sangat bermanfaat untuk mendukung kemajuan Lombok Utara, khususnya dalam segi pariwisata maupun pendidikan.

Bupati Lombok Utara H. Najmul Akhyar menyambut baik dan senang atas pelatihan Smart English bagi guru-guru di Kabupaten Lombok Utara NTB yang diadakan Apkasi-Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN). Pelatihan ini sangat dibutuhkan bagi Pemkab Lombok Utara yang menjadi destinasi wisata dunia.

Baca Juga :   2000 Guru di Lamongan Ikuti Joyful Learning

“Bahasa Inggris adalah kebutuhan, karena kita sudah mendeklarasikan bahwa Lombok merupakan destinasi wisata dunia. Oleh karena itu bahasa Inggris sangatlah berguna bagi kehidupan kita,” ujar bupati.

Bupati Najmul Akhyar mengatakan negara lain seperti Malaysia sangat pesat dalam perkembangannya karena sudah menjadikan bahasa Inggris sebagai kebiasaan bagi warganya. Hal tersebut merupakan faktor yang sangat penting dalam perkembangan bangsa.

“Saya sangat senang karena ada program-program dari Apkasi-YPAN yang dapat meningkatkan kualitas para pendidik khususnya di Lombok Utara. Saya mengucapkan terimakasih kepada Mr. Aditya yang telah hadir sebagai smart English trainer pada kesempatan kali ini,” kata Najmul.

Sistem Semut

Metode pembelajaran sangat menentukan tersampaikannya materi dengan baik. Seperti halnya belajar berbahasa, diperlukan metode khusus untuk memudahkan proses belajar. Program pelatihan ini menerapkan metode Ant System yang memiliki filosofi bahwa dalam berbahasa Inggris harus saling kerjasama seperti semut yang suka bergotong-royong. Pembiasaan diri dalam berbahasa Inggris juga makin efektif saat saling bertemu dan bersapa.

Baca Juga :   Resmi, Bupati Banyuwangi Azwar Anas Jadi Ketua APKASI

Bupati berharap dengan pelatihan seperti ini dapat menambah kapasitas bahasa Inggris dan dapat diaplikasikan dalam sekolah-sekolah. Tujuannya untuk menjadikan berbahasa Inggris sebagai kebiasaan, baik dalam bercakap-cakap maupun dalam tulisan-tulisan yang ada di sekolah.

“Aplikasikan untuk peserta didik dan para guru yang ada di sekolah kita masing-masing. Intinya we have to confident, kita itu harus pede dalam berbahasa Inggris,” kata Najmul Akhyar memberikan arahan dan motivasi.

Pelatihan yang Mengagumkan

“I’am happy… I was happy… I will be happy…”.

Gemuruh seisi ruangan saat menjawab isyarat Mr. Aditya dalam mengakhiri sesi pertama pelatihan. Seperti tanpa beban dan sudah di luar kepala, seluruh peserta antusias dalam mengikuti pelatihan.

Kekaguman akan manfaat Ant System dalam Professional English Training oleh Coach Aditya Surya juga dirasakan Kartadi, Guru SDN 5 Pemenang Timur, Lombok Utara.

“Luar biasa. Kita belajar bahasa Inggris menjadi mudah. Tidak bingung oleh rumus-rumus tenses yang belasan jumlahnya,” ujar Kartadi. Arsi Dwiyani