Beranda Berita APKASI APKASI Gelar AOE2020, Genjot Investasi di Daerah

APKASI Gelar AOE2020, Genjot Investasi di Daerah

38
0
APKASI resmi launching Apkasi Otonomi Expo 2020 di Ballroom Sekretariat APKASI, Sahid Sudirman Canter, Lt.21, Jakarta, Kamis (28/11/2019). Tampak Kepala Divisi Humas Media & Dokumentasi, Mirza Fichri MZ, Kepala Divisi Pengembangan Potensi Daerah dan Bisnis Apkasi, Syaifuddin Ch Kay, Wakil Ketua Umum Apkasi, Al Haris dan Penasehat Khusus Apkasi, Prof Ryaas Rasyid saat launching. (Foto: istimewa)

SahabatGuru – Asosiasi Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) kembali menggelar Apkasi Otonomi Expo 2020 (tagar #AOE2020). Kegiatan AOE2020 secara resmi dibuka oleh Wakil Ketua Umum Al Haris di Ballroom Sekretariat APKASI, Sahid Sudirman Canter, Lt.21, Jakarta, Kamis (28/11/2019).

Apkasi Otonomi Expo merupakan kegiatan tahunan yang memberi kesempatan kepada seluruh kabupaten di Indonesia untuk menampilkan produk unggulan di daerahnya. Melalui expo itu diharapkan produk tersebut bisa makin dikenal di nasional dan bahkan global.

Al Haris yang juga Bupati Merangin mengajak kepada daerah agar memanfaatkan kegiatan AOE2020 menampilkan keunggulan dan daya saing daerah ke kancah nasional bahkan regional dan global. Apalagi pemerintah mendukung penuh upaya daerah meningkatkan daya saing melalui produk unggulannya.

Kami akan mengundang buyers dan investor untuk hadir dalam expo ini. Apalagi kita lihat formasi menteri-menteri yang baru ini diisi sosok-sosok berjiwa entrepreneur. Kami sangat berharap pemerintah kabupaten ikut aktif ambil bagian di expo ini dengan menampilkan hal-hal baru yang menjadi ikon di masing-masing daerah

“Ini tentu seiring dengan semangat baru Kabinet Indonesia Maju di Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin agar daerah semakin kuat daya saing, baik SDM maupun tata kelolanya,” kata Al Haris yang menjelaskan bila selama 15 kali penyelenggaraan, Apkasi Otonomi Expo memberi dampak luar biasa bagi daerah.  

Baca Juga :   Pekerjaan Guru Bisa Bahayakan Masyarakat

“Selama 15 kali event ini berlangsung, dampak positif sudah dirasakan oleh para peserta baik dari sisi transaksi perdagangan maupun penanaman investasi di daerah,” ujarnya.

Al Haris menambahkan AOE bisa dijadikan media mengangkat potensi daerah, produk unggulan, UKM, peluang investasi dan pariwisata. Pasalnya AOE juga mengundang buyers dan investor untuk hadir dalam expo.

“Kami akan mengundang buyers dan investor untuk hadir dalam expo ini. Apalagi kita lihat formasi menteri-menteri yang baru ini diisi sosok-sosok berjiwa entrepreneur. Kami sangat berharap pemerintah kabupaten ikut aktif ambil bagian di expo ini dengan menampilkan hal-hal baru yang menjadi ikon di masing-masing daerah,” tutur Al Haris lagi. 

Baca Juga :   Agar Guru PAUD Mengajar secara Menyenangkan Anak-anak

Sementara, Penasehat Khusus APKASI Profesor Ryaas Rasyid menjelaskan bila pemerintah kabupaten memiliki tiga peran dalam mengemban tugas di masyarakat. Menurutnya peran tersebut adalah menciptakan lapangan kerja, mengurangi kemiskinan dan menjembatani kesenjangan pendapatan serta mendorong kesejahteraan masyarakat.

“Ini yang harus diperhatikan bahwa ada tiga peran penting pemerintah daerah dalam rangka pembangunan daerah. Salah satu peran itu bisa diupayakan dengan mempromosikan keunggulan daerah melalui Apkasi Otonomi Expo,” ujar Ryaas Rasyid.

“Melalui AOE pemerintah mendorong terciptanya lapangan kerja, mengurangi kemiskinan dan berupaya menjembatani kesenjangan pendapatan masyarakat serta bagaimana mendorong kesejahteraan. Teknisnya tentu daerah lebih paham bagaimana mengeksekusinya, saya hanya mencoba merumuskan formulanya,” ujar dia.

Menurut rencana AOE2020 berlangsung selama tiga hari di Hall A-B, Balai Sidang Jakarta Convention Center, Senayan Jakarta, Rabu-Jumat, 24-26 Juni 2020. Kepala Divisi Pengembangan Potensi Daerah dan Bisnis APKASI, Syaifuddin Ch Kay menjelaskan bila AOE2020 menampilkan enam kegiatan inti. Ini sudah menjadi format kegiatan AOE selama tiga tahun terakhir, yakni; Apkasi Executive Dialogue & Business Matching Forum, Workshop, Field-trip, Performance, Apkasi Film Festival dan puncaknya adalah Pemilihan Putri Otonomi Daerah.

Baca Juga :   Peningkatan Kompetensi Guru Sangat Berguna Bagi Daerah

“Saat launching AOE2020, tercatat 60 kabupaten sudah booking dengan jumlah stand mencapai 110. Artinya sudah 26% terisi, sehingga bagi daerah yang berminat mengikutinya agar segera memesan,” ujar Syaifuddin.

Untuk informasi terkait AOE2020 bisa diakses melalui laman resmi di alamat www.apkasiexpo.com.