Beranda Berita ADIRESY Pentingnya Peningkatan Mutu bagi Guru di Jombang

Pentingnya Peningkatan Mutu bagi Guru di Jombang

53
0
Bupati Jombang Mundjidah Wahab memberi apresiasi kepada program APKASI seperti peningkatan mutu pendidikan,, iman dan taqwa (Imtaq), peningkatan Bahasa Inggris dan training tata kelola pendidikan di Kabupaten Jombang, Jumat (11/10/2019). (Foto: Sahabat Guru)

SahabatGuru – Pendidikan di Indonesia masih tertinggal dengan negara-negara lain. Bahkan di antara negara Asia Tenggara, pendidikan Indonesia kalah bersaing dengan Vietnam maupun Malaysia. Lebih jauh lagi, India sudah meninggalkan Indonesia.

Bila pendidikan di Indonesia tidak mendapat perhatian, maka kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) tinggal tertinggal. Padahal pendidikan sangat fundamental dalam menjaga masa depan. Pendidikan juga menjadi pondasi yang seharusnya kuat di tengah persaingan regional dan global.

Hal itu disampaikan Bupati Jombang Mundjidah Wahab saat kegiatan sosialisasi dan audiensi Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Jombang, Jumat (11/10/2019). APKASI melakukan sosialisasi program peningkatan mutu pendidikan, peningkatan SDM dalam penguasaan Bahasa Inggris dan program iman dan taqwa (imtaq) serta training tata kelola pendidikan.

Baca Juga :   KKN UII Kembangkan One Village One Concept di Desa Petir

Peningkatan mutu guru menjadi program APKASI sebagai bentuk tanggung jawab terhadap kompetensi guru. Melalui kegiatan pelatihan itu diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Jombang

“Pendidikan harus menjadi perhatian karena sangat fundamental dalam menjaga masa depan. Pendidikan menjadi pondasi yang kuat di tengah persaingan. Jikan pendidikan di daerah dibiarkan dan tidak mendapat perhatian, maka kita sulit bersaing dengan negara lain,” kata Mundjidah.

“Hal yang perlu diapresiasi, APKASI mempunyai visi dan misi meningkatkan mutu pendidikan, dalam hal ini para pendidik. APKASI merupakan mitra pemerintah kabupaten seluruh Indonesia dan memiliki perhatian pada peningkatan mutu pendidikan,” ujarnya.

APKASI melakukan sosialisiasi dan audiensi progam peningkatan mutu pendidikan, iman dan taqwa (imtaq), peningkatan Bahasa Inggris dan training Tata Kelola Pendidikan di Kabupaten Jombang, Jumat (11/10/2019). (Foto: Sahabat Guru)

Bupati mendukung sepenuhnya program dari APKASI. Pasalnya semua program yang disampaikan memberi manfaat besar bagi para pendidik. Program workshop peningkatan mutu pendidikan dengan materi Smart Teaching Indonesia dan Matematika Smart bakal membantu meningkatkan kualitas pendidik.

Baca Juga :   Mantap, Pemerintah Alokasikan Rp 4,47 Triliun untuk BOP PAUD  

“Peningkatan mutu guru menjadi program APKASI sebagai bentuk tanggung jawab terhadap kompetensi guru. Melalui kegiatan pelatihan itu diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Jombang,” kata bupati.

Bupati berharap pelatihan tersebut menjadikan guru-guru di Jombang bisa makin kreatif dan inovatif dalam memberikan ilmu kepada siswa. Pasalnya pelatihan atau workshop yang diadakan untuk guru pada akhirnya memberi manfaat kepada peserta didik.

Rencananya, workshop peningkatan mutu pendidikan diikuti guru SD dan SMP. Program tersebut dilaksanakan AdiRESy (Adiluhung Retooling Education System).