Beranda Berita APKASI APKASI Didukung PT. Telkom Gelar Workshop Sistem Pengadaan Sekolah

APKASI Didukung PT. Telkom Gelar Workshop Sistem Pengadaan Sekolah

65
0

SahabatGuru – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) yang didukung PT. Telkom menggelar workshop sosialisasi pengadaan barang dan jasa di sekolah melalui Sistem Pengadaan Sekolah (SIPLah). Sosialisasi yang juga didukung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan bekerja sama dengan siplah.blanja.com dilaksanakan di sejumlah provinsi sejak Selasa (8/10/2019) sampai Selasa (29/10/2019).

APKASI tidak hanya melakukan workshop SIPLah tetapi juga sosialisasi program-program kegiatan yang sedang dan akan dilaksanakan tahun 2019 dan 2020. Tak sekadar sosialisasi, asosiasi pemerintah kabupaten ini juga meminta tanggapan dan masukan terkait program-program dimaksud.

“Workshop SIPLah merupakan sosialiasi pengadaan barang dan jasa di sekolah. Selain itu kami juga melakukan sosialisasi program APKASI yang akan dilaksanakan pada tahun ini dan 2020,” kata Sekretaris Jenderal APKASI, Najmul Akhyar.

Baca Juga :   Sistem ATM Kian Mudahkan Penerima KIP

Menurut Najmul yang juga Bupati Lombok Utara, workshop dan sosialisasi dimulai di Yogyakarta pada Selasa (8/10/2019). Selanjutnya kegiatan sama dilaksanakan di Provinsi Jawa Timur. Di wilayah Jatim, kegiatan dibuka oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Umum APKASI.

Saat digelar di Sumatera Barat, Riau, Kepri dan Bengkulu, workshop dibuka oleh Bupati Agam, Dr. Ir. H. Indra Catri, MSP yang juga sebagai Ketua Bidang Pendidikan APKASI. Workshop tersebut diadakan pada Kamis (17/10/2019).

Workshop diadakan di Provinsi Sumatera Utara dan Aceh, Selasa (15/10/2019), Jawa Barat dan Banten, Rabu (16/10/2019). Selanjutnya workshop digelar di Bali dan Nusa Tenggara, Selasa (22/10/2019) dan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat, Kamis (24/10/2019). Workshop terakhir dilaksanakan di Sulawesi Utara dan Gorontalo, Selasa (29/10/2019).  

Baca Juga :   Zonasi Muncul, Sekolah Favorit Hilang

Workshop dilakukan agar daerah memahami tentang pengadaan barang dan jasa untuk sekolah. Untuk belanja kebutuhan, sekolah bisa menggunakan belanja online siplah.blanja.com.

Sebelumnya, pemerintah mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2019 tentang Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler. Peraturan itu ditindaklanjuti dengan Surat Edaran Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud 9954/D/LK/2019 tentang Pengadaan Barang/Jasa di Sekolah melalui SIPLah yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten/Kota dan Kepala Sekolah Negeri/Swasta.