Beranda Berita ADIRESY Guru di Sumbawa Barat Up Grade Kompetensi Lewat Smart Teaching

Guru di Sumbawa Barat Up Grade Kompetensi Lewat Smart Teaching

42
0
Guru di kabupaten Sumbawa Besar mengikuti workshop Peningkatan Mutu Pendidikan yang diselenggarakan Asosiasi Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) melalui AdiRESy (Adiluhung Retooling Education System) Smart Teaching Indonesia di Gedung Pantai Baru, Sumbawa Besar, Sabtu (21/9/2019) dan Minggu (22/9/2019). (Foto: Sahabat Guru).

SahabatGuru – Para guru di kabupaten Sumbawa Besar mengikuti workshop Peningkatan Mutu Pendidikan yang diselenggarakan Asosiasi Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) melalui AdiRESy (Adiluhung Retooling Education System) Smart Teaching Indonesia. Pelatihan yang diikuti 1008 guru SD dan SMP diselenggarakan di Gedung Pantai Baru, Sumbawa Besar, Sabtu (21/9/2019) dan Minggu (22/9/2019) lalu.

Kepala Dinas Pendidikan Sumbawa Barat, Sahril menuturkan bila workshop tersebut memberi manfaat besar bagi guru yang berada di era revolusi 4.0. Di era tersebut, dunia sudah berada dalam genggaman internet. Hubungan sosial dan pekerjaan mengalami perubahan karena internet dan gawai.

Menurut Kadis Pendidikan bila tidak meng-up grade kemampuan dan kompetensi, guru bakal makin tertinggal. Padahal, mereka berhadapan dengan peserta didik yang kian piawai dalam penggunaan gawai dan akrab dengan internet.

Baca Juga :   Audiensi dan Sosialisasi, Bupati Bogor Apresiasi Program APKASI-YPAN

Dan pelatihan atau workshop peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu upaya meningkatkan kompetensi atau up grade kemampuan guru

“Kompetisi guru yang tidak di-up grade maka dia akan tertinggal. Kta memasuki zaman revolusi 4.0. Jadi, guru harus fight atau bertarung menghadapi revolusi 4.0,” kata Kepala Dinas Pendidikan.

“Dan pelatihan atau workshop peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu upaya meningkatkan kompetensi atau up grade kemampuan guru,” ujarnya.

Sahril mengatakan bila para guru sangat antusias mengikuti workshop. Menurutnya banyak di antara mereka yang berasal dari luar Kota Sumbawa Barat. Bahkan mereka berasal dari daerah-daerah yang letaknya sampai 120 km-130 km.

“Para guru sampai memutuskan menginap karena ingin mengikuti workshop ini. Saya apresiasi kepada para guru,” kata Sahril lagi.

Baca Juga :   Guru di Banjar Harus Tingkatkan Mutu

Dalam workshop, para guru mendapat materi smart teaching dari trainer Aji Syafa dan Andi Suryawan. Lewat penyajian yang segar dan penuh gagasan-gagasan menarik membuat guru sangat betah menerima pembelajaran dari dua trainer tersebut.

Mereka memberikan pelatihan bagaimana guru bisa mengajar secara smart dan benar-benar menggugah peserta didik untuk menerima materi pengajaran.



Guru di kabupaten Sumbawa Besar mengikuti workshop Peningkatan Mutu Pendidikan yang diselenggarakan Asosiasi Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) melalui AdiRESy (Adiluhung Retooling Education System) Smart Teaching Indonesia., Sabtu (21/9/2019) dan Minggu (22/9/2019). (Foto: Sahabat Guru)

“Materi yang disampaikan sungguh luar biasa. Saya menyaksikan teman-teman guru semangat dari awal sampai akhir pelatihan. Banya yang diperoleh dari pelatihan di workshop ini. Kami benar-benar mendapat penyegaran,” kata Rohmi Jamila, salah satu guru yang menjadi peserta.

Menurutnya materi yang disampaikan bisa diterapkan di depan kelas. Artinya guru bisa mempraktekkan apa yang disampaikan itu saat mengajar.

Baca Juga :   Mudah dan Menyenangkan, Inilah Matematika ADIRESY

“Apalagi ada praktek di akhir sesi sehingga kami bisa memahami apa yang disampaikan,” ujarnya.