Beranda Berita ADIRESY Guru di Banjar Harus Tingkatkan Mutu

Guru di Banjar Harus Tingkatkan Mutu

50
0
APKASI melakukan audiensi dan sosialisasi program Peningkatan Mutu Guru, Imtak (Iman dan Takwa) dan Literasi di Kabupaten Banjar, Sabtu (5/10/2019). (Foto: istimewa)

SahabatGuru – Penting sekali meningkatkan mutu guru. Terutama bagi guru-guru yang mengantarkan anak didik menghadapi tantangan di era milenial yang diwarnai industri 4.0.

Bagaimana mengajarkan matematika yang tidak hanya menarik siswa tetapi juga pelajaran tersebut bisa lebih cepat dan mudah dipahami oleh mereka. Program Peningkatan Mutu Pendidikan itu yang akan diberikan Asosiasi Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) melalui AdiRESy (Adiluhung Retooling Education System) Smart Teaching Indonesia.

Program tersebut rencananya dilaksanakan di seluruh kabupaten di Indonesia, termasuk di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Sebelum pelaksanaan, APKASI melakukan audiensi dan sosialisasi di Banjar, Kamis (5/10/2019). APKASI melakukan audiensi dan sosialisasi untuk program peningkatan mutu pendidikan tetapi juga Imtak (Iman dan Takwa) serta Literasi.

Baca Juga :   Apkasi Sosialisasi Program Smart Teaching di Tubaba

Meningkatkan mutu pendidikan itu memang penting. Apalagi pemerintah selalu mendorong para pendidik yaitu para guru untuk lebih ekstrahati-hati dalam mendidik siswa. Guru juga harus lebih profesional dalam melaksanakan tugas mendidik

Staf ahli Bupati Banjar, Achmad Suprapto menuturkan bila pemerintah kabupaten mendorong para pendidik untuk menyesuaikan kemampuan mendidik dengan kemajuan zaman. Artinya para pendidik tidak ketinggalan zaman dan harus mengikuti perkembangannya sehingga guru benar-benar memahami sampai sejauh mana perkembangan zaman dan teknologi.

“Meningkatkan mutu pendidikan itu memang penting. Apalagi pemerintah selalu mendorong para pendidik yaitu para guru untuk lebih ekstrahati-hati dalam mendidik siswa. Guru juga harus lebih profesional dalam melaksanakan tugas mendidik,” kata Achmad dalam sambutannya.

Baca Juga :   Ini yang Membuat Wabup Sanggau Apresiasi Siswa SMP Kembayan
Peserta fokus mengikuti audiensi dan sosialisasi program Peningkatan Mutu Guru, Imtak (Iman dan Takwa) dan Literasi dari APKASI di Kabupaten Banjar, Sabtu (5/10/2019). (Foto: istimewa)

“Saat ini kita harus siap bersaing dan menghadapi kemajuan zaman dan teknologi. Jadi kami harus menyesuaikan kemampuan mendidik kita dengan kemajuan zaman,” ujarnya lagi.

Sosialisasi itu diharapkan dilanjutkan dengan pelaksanakan workshop peningkatan mutu pendidikan di Banjar. Workshop mencakup Joyful Learning Indonesia untuk guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan TK. Sedangkan guru SD dan SMP akan mengikuti program Matematika Smart Indonesia.

“Sosialisasi ini memotivasi kta untuk meningkatka mutu pendidikan di Kabupaten Banjar,” kata Achmad.