Beranda Berita ADIRESY Sosialisasi Peningkatan Mutu untuk Guru di Tabalong

Sosialisasi Peningkatan Mutu untuk Guru di Tabalong

45
0
APKASI melakukan audiensi dan sosialisasi Peningkatan Mutu Guru di Kabupaten Tabalong, Rabu (2/10/2019). (Foto: istimewa)

SahabatGuru – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) menggelar audiensi dan sosialisasi Peningkatan Mutu Pendidikan, Program Imtak (Iman dan Takwa) dan Training Tata Kelola Pendidikan serta Literasi di Kabupaten Tabalong, Rabu (2/10/2019). Audiensi dan sosialisasi program unggulan APKASI itu dilaksanakan di Gedung Pusat Informasi Tanjung.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani memberi apresiasi dan menyambut gembira adanya program unggulan APKASI sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan, dalam hal ini guru, di daerahnya. Bupati, melalui sambutan yang dibacakan Sekda Kabupaten Tabalong, AM Sangadji, berharap sosialisasi tersebut bisa dilanjutkan dengan menjalin kerjasama, khususnya dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik di Kabupaten Tabalong. Apalagi sejumlah program unggulan APKASI sangat diperlukan menghasilkan guru yang kreatif dan inovatif sehingga mutu pendidikan semakin meningkat.

Baca Juga :   Nomor Induk Siswa Dihapus, Kini Pakai Nomor Induk Kependudukan

“Ini menjadi perhatian serius pemerintah daerah kepada guru agar meningkatkan kualitasnya menjadi yang profesional dan mampu memberikan yang terbaik pada pembangunan pendidikan di Kabupaten Tabalong,” kata Bupati dalam sambutannya.

“Saya berharap melalui sosialisasi ini membuka peluang untuk menjalin kerjasama dalam meningkatkan kualitas tenaga pendidik. Saat ini ada 1.765 tenaga pendidik yang berada di bawah Dinas Pendidikan. Pemerintah berusaha meningkatkan kualitasnya agar menjadi guru yang profesional dan mampu memberikan yang terbaik bagi pendidikan di Tabalong,” ujarnya.  

Menurut Bupati, peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu indikator penting dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Pemerintah kabupaten tidak hanya membangun infrastruktur pendidikan tetapi juga menyiapkan tenaga pendidik yang berkualitas dan fasilitas penunjang pendidikan lainnya.

Baca Juga :   Guru di Sumbawa Barat Up Grade Kompetensi Lewat Smart Teaching

”Dalam lima tahun terakhir, sektor pendidikan menjadi salah satu program prioritas yang harus menjadi perhatian serius instansi terkait,” kata Bupati.

Dalam program peningkatan mutu pendidikan, guru di Tabalong akan mengikuti workshop dari APKASI melalui AdiRESy (Adiluhung Retooling Education System) Smart Teaching Indonesia. Workshop mencakup Joyful Learning Indonesia untuk guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan TK. Sedangkan guru SD dan SMP akan mengikuti program Matematika Smart Indonesia.

Menurut Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan, Himmatul Hasanah, workshop peningkatan mutu pendidikan sudah dilaksanakan di 130 lebih kabupaten di Indonesia sejak 2011.

“Bidang pembelajaran matematika sangat penting karena ukuran kecerdasan anak atau standar level internasional itu masih di pelajaran matematika,” kata Himmatul.

Baca Juga :   Agar Anak Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA

Melalui program peningkatan mutu yang berkesinambungan, pendidikan di Indonesia diharapkan mengalami perbaikan. Saat ini, kualitas pendidikan Indonesia berada di urutan 164 dari 170 negara.

“Kami berharap pendidikan Indonesia naik sampai peringkat 100,” ujar Himmatul lagi.