Beranda Berita ADIRESY November, Barito Timur Gelar Peningkatan Mutu Pendidikan

November, Barito Timur Gelar Peningkatan Mutu Pendidikan

72
0
APKASI saat melakukan audiensi dan sosialisasi program peningkatan mutu pendiidikan di Kabupaten Barito Timur, Selasa (1/10/2019). (Foto: istimewa)

SahabatGuru – Guru yang berkualitas tidak hanya dibutuhkan di kota-kota besar. Daerah-daerah yang tidak termasuk kota besar seperti Kabupaten Barito Timur juga membutuhkan tenaga pendidik yang memiliki kualitas.

Dunia pendidikan Indonesia sangat membutuhkan guru yang bermutu atau berkualitas. Terutama bagi kabupaten yang baru berkembang. Barito Timur merupakan kabupaten yang baru berdiri pada 2002. Kabupaten ini merupakan pengembangan dari Barito Selatan atau dikenal dengan Barito Hilir.

Sebagai kabupaten yang masih berusia muda, Barito Timur sangat membutuhkan tenaga pendidik yang berkualitas. Pemerintah Barito Timur tentu memberi perhatian bagaimana sekolah meluluskan anak didik yang memiliki kualitas lebih baik.

Kehadiran APKASI seiring konsekuensi perubahan sistem pemerintahan dari sentralisasi ke desentralisasi yang terwujud dengan pengakuan atas otonomi daerah. APKASI memiliki tugas pokok penyedia advokasi, mediasi dan fasilitasi bagi pemerintah. Materi yang disampaikan APKASI pun merupakan program unggulan yang berkaitan erat dengan dunia pendidikan

Pemerintah kabupaten pun menyambut penuh antusias saat Asosiasi Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) merencanakan menggelar workshop Peningkatan Mutu Pendidikan di Barito Timur. Workshop itu merupakan bagian upaya APKASI agar guru-guru di seluruh kabupaten di Indonesia mengalami peningkatan mutu.

Baca Juga :   Kaji Usulan Gaji Guru Honorer Setara UMR, Ini Penjelasan Menkeu Sri Mulyani

Rencana pelaksanakan workshop disampaikan staf ahli pendidikan APKASI, Himmatul Hasanah, saat melakukan audiensi dan sosialisasi di Barito Timur, Selasa (1/10/2019). Audiensi dan sosialisasi dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Barito Timur beserta pejabat Eselon III, Korwil, pengurus PGRI, pengurus K3S SD, Kepala Sekolah Dasar, pengurus MKKS, IGTKI, dan Himpaudi perwakilan masing-masing kecamatan. Selain itu plt Kepala BKPSDM beserta pejabat Eselon III dan bagian Protokol Sekretariat Daerah Kabupaten Barito Timur turut hadir di acara audiensi.

APKASI saat melakukan audiensi dan sosialisasi program peningkatan mutu pendiidikan di Kabupaten Barito Timur, Selasa (1/10/2019). (Foto: istimewa)

Bupati Ampera A. Y. Mebas dalam sambutannya yang disampaikan Sekretaris Daerah (Setda) menyambut materi dari APKASI yang berkaitan erat dengan dunia pendidikan. Menurutnya, program workshop APKASI melalui AdiRESy (Adiluhung Retooling Education System) Smart Teaching Indonesia sangat penting karena meningkatkan mutu tenaga pendidik di Barito Timur.

Baca Juga :   Begini Testimoni Sugi Jayadi Usai Mengikuti Workshop Pembelajaran Kreatif dan Inovatif

Apalagi program Peningkatan Mutu Pendidikan ini sudah dilaksanakan di berbagai kabupaten di Indonesia sejak 2011. Tercatat lebih dari 130 kabupaten yang sudah melaksanakan pProgram tersebut.

“Kehadiran APKASI seiring konsekuensi perubahan sistem pemerintahan dari sentralisasi ke desentralisasi yang terwujud dengan pengakuan atas otonomi daerah. APKASI memiliki tugas pokok penyedia advokasi, mediasi dan fasilitasi bagi pemerintah. Materi yang disampaikan APKASI pun merupakan program unggulan yang berkaitan erat dengan dunia pendidikan,” kata Bupati.

Menindaklanjuti audiensi dan sosialisasi itu akan dilaksanakan workshop Peningkatan Mutu Pendidikan di Barito Timur pada Jumat (1/11/2019). Program pelatihan itu akan diikuti para guru di kabupaten tersebut.