Beranda Berita APKASI Apkasi-YPAN Gandeng Bank NTB Syariah Adakan Umrah Character Building Bagi Guru

Apkasi-YPAN Gandeng Bank NTB Syariah Adakan Umrah Character Building Bagi Guru

56
0
Staf Ahli Apkasi Himmatul Hasanah (kedua dari kanan) saat bertemu dengan Vice Director Bank NTB Syariah Kukuk Rahardjo (tengah) dalam rangka kerjasama Program Umrah Character Building dan Training Tata Kelola Sekolah di Luar Negeri. (Foto: istimewa)

SahabatGuru – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) bersama mitra kerja utamanya yaitu Yayasan Pendidikan Adiluhung Nusantara (YPAN) menggandeng Bank NTB Syariah dalam rangka pelaksanaan Program Umrah Character Building dan Training Tata Kelola Sekolah di Luar Negeri. Kerja sama ini akan memudahkan pembiayaan program peningkatan iman dan takwa yang ditujukan khusus bagi para guru.

Program tersebut ditujukan kepada para guru yang ingin melaksanakan umrah sekaligus meningkatkan kualitas dengan mengikuti pelatihan tata kelola sekolah. Para guru tidak hanya mengikuti seminar dan pelatihan tetapi juga studi banding mengenai penatakelolaan sekolah di negara lain.

Animo guru mengikuti program ini sangat tinggi. Mengapa kami perlu mengadakan seminar internasional dan pelatihan tata kelola sekolah di luar negeri? Ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita yang masih tertinggal. Saat ini pendidikan kita berada di urutan 164 dari 170 negara,

Pasalnya kegiatan training dan pelatihan itu rencananya dilaksanakan di salah satu negara, di antaranya Malaysia, Thailand, Turki atau China. Dengan demikian guru bisa mengetahui bagaimana tata kmelola sekolah di luar negeri.

Baca Juga :   Menpan RB Jelaskan Soal Guru Honorer dan Seleksi CPNS

“Apkasi-YPAN telah membangun kesepakatan kerja sama dengan Bank NTB Syariah untuk pelaksanaan Program Umrah Character Building Plus Training Tata Kelola Sekolah di Luar Negeri. Ini untuk memudahkan pembiayaan bagi para guru yang mengikuti program ini,” ujar Himmatul Hasanah, Staf Ahli Apkasi Bidang Pendidikan Peningkatan Mutu Guru Daerah.

“Animo guru mengikuti program ini sangat tinggi. Mengapa kami perlu mengadakan seminar internasional dan pelatihan tata kelola sekolah di luar negeri? Ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita yang masih tertinggal. Saat ini pendidikan kita berada di urutan 164 dari 170 negara,” kata Himmatul usai pertemuan dengan Kukuk Rahardjo, Vice Director Bank NTB Syariah, beberapa waktu lalu.

Baca Juga :   Naila Zakia, Belajar Disiplin Lewat Taekwondo

Program Umrah Plus yang diselenggarakan Apkasi memang khusus ditujukan para guru. Program ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kualitas dan kompetensi pendidik yang menjadi perhatian utama Apkasi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di daerah. Selain itu mereka membangun karakter iman dan takwa melalui umrah.

Menurut Himmatul sesuai dengan surat Ketua Umum Apkasi kepada Mendikbud, program ini dalam pelaksanaannya akan dikoordinasikan oleh Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Kemendikbud dengan Apkasi. Penentuan sekolah-sekolah di luar negeri yang akan menjadi obyek kunjungan sepenuhnya atas rekomendasi dari BPKLN Kemendikbud.

“Beberapa sekolah yang sudah direkomendasikan okeh BPKLN Kemendikbud antara lain di Malaysia, China, Thailand, Turki dan Arab Saudi,” papar Himmatul.

Baca Juga :   Toilet dan Cerita Sukses Perpustakaan Dua SD Pedalaman  

Sementara, Kukuk Rahardjo menyampaikan dalam pelaksanaan Umrah Character Building Plus Training Tata Kelola Sekolah di Luar Negeri, YPAN menggandeng biro travel lokal. Dengan menjalin kerjasama dengan travel lokal akan menumbuhkan usaha-usaha setempat.

“Kami menyampaikan pesan gubernur agar pelaksanaan program umrah ini menggandeng travel lokal,” ujar Kukuk.

Dari pihak YPAN pun menindaklanjuti apa yang disampaikan Gubernur NTB. Menurut rencana YPAN menggandeng biro travel lokal, Astri Duta Mandiri dan Madani Prabu Jaya.