Beranda Berita ADIRESY 3H dan Pembelajaran Smart bagi Guru dan Anak Didik

3H dan Pembelajaran Smart bagi Guru dan Anak Didik

72
0

SahabatGuru – Upaya meningkatkan mutu pendidikan tidak ada berarti bila tidak diterapkan di depan kelas. Bagaimana guru mengajar secara smart sehingga matematika kian menarik saat diajarkan kepada anak didik.

Hal itu yang disampaikan para guru setelah mengikuti pelatihan Peningkatan Mutu Pendidikan yang diselenggarakan Asosiasi Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) melalui AdiRESy di Kabupaten Tegal, Kamis (19/9/2019). Pelatihan peningkatan mutu diikuti sekitar 700 guru SD di Tegal. Semua mengikuti pelatihan sampai selesai.

Menurut Masrukhi, guru di SDN Sidakaton I, dirinya mendapat tambahan pengetahuan yang memberi manfaat besar. Dan, manfaat itu tidak hanya dirasakan guru tetapi juga para murid. Pasalnya mereka akan menerapkannya di depan kelas.

Baca Juga :   Adakan Adiresy, Isteri Bupati Lamongan : Pelatihan Ini Luar Biasa dan Bermanfaat

Saya terkesan dengan pelatihan ini. Saya akan mempraktekkan di kelas dan SD kami. Terus terang saya mendapat banyak hal dari pelatihan ini. Sungguh ini bermanfaat bagi guru

“Pembelajaran dari Matematika Smart memberi hal-hal yang inovatif. Kami berharap bisa membawanya ke kelas. Ada tiga hal yang menjadi perhatian saya dari pelatihan peningkatan mutu,” kata Masrukhi.

Menurutnya guru harus memperhatikan 3 H, yaitu head (kepala), heart (hati) dan hand (tangan). Dari sisi kepala (otak), para peserta mendapat pengetahuan yang mencerahkan dan diharapkan bisa memberi manfaat. Sedangkan hati atau heart merupakan wujud syukur kepada Yang Maha Kuasa dan diharapkan menjadi guru yang bisa mengajar dengan baik.

Baca Juga :   Apkasi Gandeng Bukalapak Kembangkan UKM di Kabupaten

“Sedangkan hand atau tangan adalah wakil dari kepala dan hati. Kepala dan hati tidak bisa apa-apa bila tidak ada tangan. Begitu pula sebaliknya,” ujar Masrukhi.

Sementara, Nur Khikmah yang mengajar di SDN Karangmalang 02 ini terkesan dengan pelatihan peningkatan mutu pendidikan. Menurutnya dari mentor, dirinya mendapat banyak manfaat yang bisa diterapkan di klas.

“Saya terkesan dengan pelatihan ini. Saya akan mempraktekkan di kelas dan SD kami. Terus terang saya mendapat banyak hal dari pelatihan ini. Sungguh ini bermanfaat bagi guru,” katanya.

Pelaksanaan program peningkatan mutu pendidikan di Kabupaten Tegal rencananya tidak hanya untuk guru SD tetapi juga guru TK atau PAUD. Hanya kegiatan itu dilaksanakan di hari yang berbeda.

Baca Juga :   Aplikasi Bahasa Diluncurkan, WNA Kian Mudah Belajar Bahasa Indonesia

Menurut rencana program tersebut kembali dilaksanakan pada 30 September sampai 2 Oktober 2019. Pelaksanakan program diikuti guru PAUD/TK dan SD.