Beranda Berita Bupati Dompu Berharap Para Guru Upgrade Kemampuan

Bupati Dompu Berharap Para Guru Upgrade Kemampuan

71
0

Sahabatguru – Guru harus meningkatkan kemampuan untuk mengikuti perkembangan zaman yang bergerak cepat. Peningkatan kemampuan pada gilirannya menjadikan kemampuan siswa menerima pelajaran juga meningkat.

Program Adiluhung Retooling Education System (Adiresy) dari Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) melalui Yayasan Adiluhung merupakan salah satu upaya bagaimana meningkatkan kualitas guru. Program, peningkatan mutu pendidikan ini berbentuk pelatihan guru kreatif dan inovatif. Dengan demikian, guru diharapkan tidak hanya kreatif tetapi memiliki inovasi saat memberikan mata pelajaran tertentu maupun saat mengajar di depan kelas.

“Penting bagi guru untuk terus melakukan upgrade kemampuan. Guru juga harus terus belajar, tidak hanya murid. Bagaimana caranya agar anak didik tertarik dalam pembelajaran,” kata Bupati Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB), Bambang M. Yasin saat menerima audiensi dari Adiresy, Rabu (14/8/2019) lalu.

Baca Juga :   Mendikbud: Kepala Sekolah Boleh Lebih Dari Dua Periode

Dari testimoni peserta yang mengikuti program ini, mereka antusias dan sangat berharap program ini bisa dilaksanakan lagi di daerah mereka. Persoalannya, program ini harus menjangkau semua kabupaten di Indonesia. Selanjutnya, program smart teaching maupun matematika bisa kembali dilaksanakan di kabupaten sebelumnya

Adiresy melakukan audiensi yang dilanjutkan dengan sosialisasi program Smart Teaching dan Matematika yang bisa meningkatkan kompentensi guru. Program itu  pada akhirnya dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berkompetensi di tingkat nasional, global maupun internasional. Sosialisasi dilakukan di hadapan Kepala Dinas Pendidikan beserta jajarannya termasuk pengurus PGRI, pengurus K3S SD, Kepala Sekolah SD, pengurus MKKS, IGTKI dan Himpaudi.

Adiresy saat melakukan sosialisasi Smart Teaching dan Matematika di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Rabu (14/8/2019). (Foto: istimewa)

“Saya berharap para pendidik selalu mengembangkan inovasi dalam pembelajaran,” kata bupati lagi.

Baca Juga :   Apkasi Dorong Pengembangan Wisata Batas Negara dan Desa Wisata

Menurut staf ahli pendidikan Apkasi, Himmatul Hasanah, sejak diluncurkan pada tahun 2011, program ini telah melatih lebih dari 120.000 tenaga pendidikan di 130 kabupaten dan kota seluruh Indonesia. Program tersebut mendapat sambutan positif dari para guru di berbagai daerah.

“Dari testimoni peserta yang mengikuti program ini, mereka antusias dan sangat berharap program ini bisa dilaksanakan lagi di daerah mereka. Persoalannya, program ini harus menjangkau semua kabupaten di Indonesia. Selanjutnya, program smart teaching maupun matematika bisa kembali dilaksanakan di kabupaten sebelumnya,” kata Himma.

Di Kabupaten Dompu sendiri, program Smart Teaching dan Pelatihan Matematika dilaksanakan pada 16-19 September mendatang.