Beranda Berita Mendikbud Siapkan 2,1 Juta Gawai Untuk Pelajar

Mendikbud Siapkan 2,1 Juta Gawai Untuk Pelajar

129
0
Mendikbud Muhadjir Effendy menyampaikan akan disediakan 2,1 juta gawai untuk pelajar sebagai program digitalisasi pendidikan. (foto: g. susatyo)

SahabatGuru – Pendidikan secara digital. Teknologi internet menjadikan semua serba digital. Dan digitalisasi ini sudah merambah di semua bidang, termasuk pendidikan. Ini yang menjadikan sekolah tidak bisa mengabaikan teknologi yang sudah berkembang pesat.

Tak heran bila kini sekolah sudah tidak lagi melarang penggunaan telepon cerdas (smartphone). Pada akhirnya sekolah (guru) memanfaatkan teknologi untuk pendidikan anak. Guru, misalnya, memberi tugas kepada siswa melalui berbagai aplikasi. Dengan demikian, siswa tinggal mengunduh tugas lewat ponsel maupun laptop.

Memberi tugas dengan mengunduh di berbagai aplikasi menunjukkan bila digitalisasi sudah masuk ke sekolah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pun akan melakukan digitalisasi bidang pendidikan. Untuk itu, Kemendikbud telah menyiapkan 2,1 juta gawai untuk pelajar SD hingga SMA.

Baca Juga :   Penting, Guru Informatika Seharusnya Tak Sekadar Bisa Komputer

“Semula saya katakan 1,5 juta gawai. Ternyata setelah dihitung ulang bisa 2,1 juta yang dibutuhkan. Pada pertengahan September ini, kami mencanangkan digitalisasi di seluruh sekolah. Kami mulai realisasi dari sekolah di wilayah terdepan, terluar dan tertinggal (3T),” kata Mendikbud Muhadjir Effendy di Malang, Senin (2/9/2019).

Saat ini, ada 122 daerah di Indonesia yang masuk kategori 3T. Tidak semua daerah yang masuk kategori 3T sudah memiliki akses internet. Dengan demikian gawai hanya bisa diberikan ke daerah yang sudah memiliki akses internet. Daerah yang belum terakses oleh listrik nantinya akan dibantu panel surya dan mesin diesel

“Saya belum tahu pasti berapa daerah 3T yang sudah ada akses internet. Tapi saya pastikan sebagian besar sudah dijamah akses internet,” ujar Muhadjir.

Baca Juga :   Prestasi Gemilang Pelajar SD Indonesia di Olimpiade Matematika dan Sains Internasional

Menurut Mendikbud gawai tersebut salah satu fungsinya mengarahkan pelajar untuk mengakses portal Rumah Belajar, https://belajar.kemdikbud.go.id yang dikembangkan Kemendikbud sejak dua tahun yang lalu. Pada laman resmi Rumah Belajar terdapat 8 fitur utama, di antaranya Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Kelas Maya. Fitur ini sebagian besar gratis dan sebagian lagi berbayar.

“Gawai itu dari Kemendikbud. Kami ada yang namanya bantuan afirmasi dan kinerja. Tahun depan harapannya sudah ada anggaran khusus sehingga alokasi untuk gawai bisa 10 kali lipat atau jadi 20 juta gawai,” kata Mendikbud menambahkan.