Beranda Berita Pentingnya Peran Guru dalam Peningkatan Kualitas SDM

Pentingnya Peran Guru dalam Peningkatan Kualitas SDM

83
0
Mendikbud Muhadjir Effendy menyatakan untuk menngkatkan kualitas SDM, kualitas guru juga harus ditingkatkan. (Foto: kemendikbud.go.id)

SahabatGuru – Peran guru kian penting. Demi meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), guru harus bisa memberikan yang terbaik kepada anak didiknya. Dengan demikian, anak-anak yang menjadi generasi penerus benar-benar berkualitas sesuai visi dan misi Presiden Joko Widodo di periode keduanya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy menuturkan peran guru menjadi penting dalam perealisasian visi tersebut. Menurutnya, seperti dikutip krjogja.com, peningkatan SDM tidak akan tercapai jika pembenahan terhadap guru dan tenaga kependidikan tidak berjalan secara maksimal.

Bicara tentang SDM dalam konteks pendidikan, pertama yang harus ditingkatkan kualitasnya adalah para guru. Mereka mempunyai peran penting dalam kelulusan siswa di sekolah

“Sumber daya yang unggul dan berkualitas tidak akan bisa tercapai tanpa membenahi sektor guru,” kata Muhadjir.

Baca Juga :   Pameran di RNPK Diikuti Pelaku Usaha Mitra Pendidikan

Dilanjutkan oleh Mendikbud, “Bicara tentang SDM dalam konteks pendidikan, pertama yang harus ditingkatkan kualitasnya adalah para guru. Mereka mempunyai peran penting dalam kelulusan siswa di sekolah.”

Menurut Mendikbud peningkatan kualitas guru dan tenaga kependidikan akan menjadi prioritas. Fokusnya akan berkisar pada kompetensi akademis, kemampuan mendidik, dan sebaran distribusi guru ke depan.

“Pada sektor pendidikan khususnya sekolah, akan diprioritaskan kepada guru. Baik dari akademis, kompetensi serta profesionalismenya. Rencana itu menjadi bagian dari pemerintahan jilid II,” kata Muhadjir.

Kegiatan pemilihan guru dan tenaga kependidikan berprestasi dan berdedikasi tingkat nasional tahun 2019 sesungguhnya juga menjadi bagian dalam upaya meningkatkan kualitas guru. Pemilihan guru dan tenaga kependidikan digelar Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan.

Baca Juga :   Gubernur Sulsel: Jabatan Kepala Sekolah Tidak Ditentukan Amplop

“Ini bentuk apresiasi terhadap inovasi dan kreativitas para guru dalam proses belajar mengajar. Ke depan, kami akan lihat inovasi mana yang dinilai baik dan bisa di implementasikan di daerah-daerah di Indonesia,” kata Supriono, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.