Beranda Berita Kabar Gembira, Problem Guru Honorer Segera Dituntaskan

Kabar Gembira, Problem Guru Honorer Segera Dituntaskan

60
0

SahabatGuru Kabar gembira bagi guru honorer. Pemerintah tetap memberi perhatian kepada guru tidak tetap itu melalui kementerian bersama. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menghadiri rapat koordinasi penyelesaian masalah guru honorer yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) di Jakarta, Selasa (30/7/2019).

Rapat koordinasi tidak hanya dihadiri Mendikbud Muhadjir Effendy dan Menteri PAN-RB Syafruddin, tetapi juga Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, serta perwakilan 542 pemerintah daerah dari seluruh Indonesia.

Terdapat dua agenda yang dibahas dalam rapat kordinasi tersebut, yakni, pertama mengenai perencanaan Aparat Sipil Negara (ASN) tahun 2020-2024, dan kedua, tentang pengadaan ASN tahun 2019. Dalam rakor ini, masing-masing kementerian memberikan penjelasan, yaitu, kebijakan manajemen ASN oleh Menteri PAN-RB, Reformasi pendidikan berbasis zonasi oleh Mendikbud, dan Penguatan sinergi antar SKPD dalam penyusunan kebutuhan ASN oleh Mendagri.

Baca Juga :   Pameran di RNPK Diikuti Pelaku Usaha Mitra Pendidikan

Selain itu, Kebijakan perencanaan dan pengadaan ASN tahun 2019 oleh Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPAN-RB, Kebijakan tata kelola pendidikan oleh Dirjen GTK Kemendikbud, Kebijakan pembangunan SDM dalam kerangka peningkatan mutu pendidikan oleh Deputi Menko PMK Bidang Pendidikan dan Agama, dan Hasil evaluasi pengadaan CPNS 2018 oleh Kepala BKN.

Pengadaan Guru PNS

Terkait dengan pengangkatan guru PNS, Muhadjir menyampaikan bahwa pengangkatan guru terbagi atas tiga skema, yaitu, menuntaskan guru honorer, kedua mengganti guru yang masa pensiunnya akan berakhir, dan ketiga menambah atau mengangkat guru dikarenakan adanya penambahan jumlah sekolah.

Dalam upaya menuntaskan pengangkatan guru honorer, Mendikbud menegaskan kembali imbauan MenPAN-RB, Menurutnya pengangkatan guru honorer diharapkan tidak terjadi lagi.

Baca Juga :   1000 Guru SMK Dikirim ke Singapura

“MenPAN sudah menyampaikan supaya tidak ada lagi pengangkatan guru honorer. Sedangkan yang ada ini hendak kita selesaikan,”ujar Mendikbud.