Beranda Berita Anugerah Kihajar Untuk TIK Kembali Digelar

Anugerah Kihajar Untuk TIK Kembali Digelar

123
0

SahabatGuru – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menyelenggarakan kegiatan Anugerah Kihajar ke-11 tahun 2019. Kegiatan yang dilaksanakan Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) Kemendikbud ini diharapkan bisa mendorong pendayagunaan pemanfaatan Tekonologi Informasi dan Komunikasi (TIK) melalui beragam layanan yang dikembangkan Kemendikbud.

Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi menuturkan Anugerah Kihajar diharapkan tidak sekadar rutinitas, tetapi ada peningkatan kuantitas dan kualitas. Apalagi tahun ini anugerah mengambil tema ‘Pendayagunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pendidikan 4.0 melalui Anugerah Kihajar 2019’.

Tema tersebut, menurut Didik, tepat dalam mendukung pengembangan zaman, khususnya pendidikan dan kebudayaan.

Semua guru dan siswa diharapkan dapat mengenal program-program tersebut, dan menjadikan Rumah Belajar sebagai proses pembelajaran di sekolah dan di rumah

“Saya berharap TIK menjadi bagian dari sekolah. Artinya kita perlu upaya yang luar biasa agar pemerataan pengunaan TIK bisa menyebar di seluruh tanah air,” ucap Didik

Baca Juga :   Begini Serunya "Ahmad Dahlan Robotic Competition" 2018 di Yogyakarta

“Dengan begitu akan muncul juara-juara TIK tidak hanya dari daerah tertentu saja, tetapi juga dari daerah lain di seluruh Indonesia,” kata dia menambahkan.

Anugerah Kihajar, kata Didik, juga bisa menjadi kegiatan yang mendorong program-program TIK yang dikembangkan oleh Kemendikbud, seperti Rumah Belajar dan TV Edukasi.

“Semua guru dan siswa diharapkan dapat mengenal program-program tersebut, dan menjadikan Rumah Belajar sebagai proses pembelajaran di sekolah dan di rumah,” ujarnya.