Beranda Berita Olimpiade Sains Nasional Digelar di Yogyakarta dan Manado

Olimpiade Sains Nasional Digelar di Yogyakarta dan Manado

123
0

SahabatGuru – Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2019 jenjang pendidikan SD, SMP dan SMA digelar serentak di dua kota mulai Jumat (30/6/2019) lalu sampai Sabtu (6/7/2019). Untuk jenjang SD dan SMP digelar di Kota Yogyakarta. Sedangkan OSN jenjang SMAdilaksanakan di Kota Manado, Sulawesi Utara. Tahun ini, OSN mengambil tema “Mencintai Sains, Mengukir Masa Depan”.

Sekretaris Jenderal, Kemendikbud, Didik Suhardi berharap para peserta OSN menjadikan ajang ini tidak hanya tempat untuk berlomba, tetapi juga sebagai wadah bersilaturahmi antar sesama anak bangsa. Pasalnya melalui OSN, para peserta bisa menjalin komunikasi dan membangun jaringan.

Ia berharap para siswa peserta OSN dapat mengoptimalkan daya juang, kerja keras, dan kemandirian, serta membangun komunikasi yang baik antar sesama peserta.

Baca Juga :   Guru Honorer Mengadu ke ombudsman Kalsel, Ada Apa?

“Di OSN berkumpul para putra dan putri daerah terbaik. Kita bisa menjalin komunikasi yang baik antarpeserta. Berbagi ide dan informasi dapat menguntungkan satu sama lainnya, karena pada dasarnya dalam ilmu pengetahuan dan teknologi semakin banyak yang didapatkan dan diberikan satu sama lain, maka pengetahuan kita akan semakin bertambah,” ucap Didik seperti dikutip dari laman kemendikbud.go.id.

“Dengan itu, dapat membangun kepribadian dan karakter putra dan putri Indonesia yang hebat, dan diharapkan menjadi pemimpin Indonesia di masa depan,” katanya menambahkan.

Penyelenggaraan OSN jenjang SMA mempertandingkan sembilan bidang sains, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/ Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Bidang Geografi. Bidang Matematika diikuti 77 peserta, Fisika 79 peserta, Kimia 74 peserta, Komputer/Informatika 75 peserta, Biologi 77 peserta, Astronomi 72 peserta, Ekonomi 77 peserta, Kebumian 77 peserta dan Geografi 77 peserta.

Baca Juga :   Bunda PAUD Sulsel Berharap Anak Wajib Tamat TK

Lokasi perlombaan jenjang SMA diselenggarakan di beberapa tempat, yaitu Manado Independent School (bidang Matematika dan Astronomi), SMAN 9 (bidang Fisika), SMAN 1 (bidang Kimia), SMA Katolik Rex Mundi (bidang Informatika), SMA Kristen Eben Haezar (bidang Biologi), SMKN 2 (bidang Ekonomi), SMA St. Nikolaus Lokon Tomohon (bidang Kebumian), dan SMKN 1 (bidang Geografi).

Untuk jenjang pendidikan SMP, pelaksanaan OSN di Hotel Alana Yogyakarta dengan jumlah peserta 476 orang, terdiri dari 408 siswa dan 68 pendamping. Lokasi pelaksanaan tes mata pelajaran IPA dan IPS bertempat di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Untuk mata pelajaran Matematika dilaksanakan di SMP 8 Yogyakarta.

Sedangkan untuk jenjang pendidikan SD yang juga berlangsung di Yogyakarta, dari 272 peserta yang hadir, terdapat 42 peserta atau 15,5 persen berasal dari daerah 3T (terluar, tertinggal, terbelakang). Salah satunya Arthur Tawoka Teurupun, siswa SD Negeri 1 Fakfak, Papua Barat. Walaupun berasal dari daerah yang memiliki keterbatasan akses, ia bisa kembali mengikuti OSN tahun 2019.

Baca Juga :   Joyful Learning Yang Smart dan Tidak Membosankan di Kebumen

Berdasarkan wilayah, OSN tingkat SD tahun 2019 diikuti oleh 171 kabupaten dan kota dengan 33 kabupaten berasal dari daerah 3T atau 19,3% dari keseluruhan kabupaten kota yang mengikuti OSN tahun 2019.