Beranda Berita Mantap, Peserta Program Workshop Luar Negeri APKASI Akan Dapat Angka Kredit Kemendikbud

Mantap, Peserta Program Workshop Luar Negeri APKASI Akan Dapat Angka Kredit Kemendikbud

86
0

SahabatGuru–Khabar menggembirakan bagi para guru yang akan menjadi peserta Program Umrah Character Building Plus Training Tata Kelola Sekolah di Luar Negeri oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI). Pasalnya, mereka nantinya akan mendapatkan angka kredit dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bermanfaat bagi perjalanan karir sebagai guru.

“Alhamdulillah, tadi dalam pertemuan dengan Pak Didik Suhardi Ph.D (Sekjen Kemendikbud) disampaikan bahwa beliau setuju nantinya peserta program Program Umrah Character Building Plus Training Tata Kelola Sekolah di Luar Negeri oleh Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) akan dapat angka kredit,” ujar Hj Himmatul Hasanah MP, Staf Ahli APKASI Bidang Pendidikan Peningkatan Mutu Guru di Jakarta, Jumat (17/5/2019).

Baca Juga :   Seru, Tari Jaipong Jadi Ekstrakurikuler SMA di Beijing

Dia mengungkapkan hal itu usai bertemu Sekjen Kemendikbud Didik Suhardi Ph.D di Senayan, Jakarta. Diungkapkan pula bahwa pihak Kemendikbud sangat mendukung dan menyambut baik program peningkatan imtak dan training tata kelola pendidikan di LN yg di gagas APKASI ini. Bahkan Sekjen Kemendikbud menilai program ini sebagai program yang sangat cerdas lantaran akan dilaksanakan secara swadana.

Pertemuan dan Audiensi ini merupakan tindak lanjut pertemuan antara APKASI dengan Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (BPKLN) Kemendikbud beberapa waktu lalu. Pihak BPKLN sudah menindaklanjuti dengan mengirim surat ke para Atase Pendidikan RI di sejumlah negara yaitu Korsel, Jepang, Singapura, Hongkong, Finlandia, Inggris, Kanada, Belanda, Irlandia, Polandia, Denmark, Jerman, Rusia, Amerika, Prancis, Turki, Thailand, Mesir, Maroko dan Yordania.

Baca Juga :   Berikan Apresiasi SMK, Kemendikbud Gandeng PT. Astra Internasional

“Untuk tahap awal kami akan fokus ke Malaysia, China, Turki dan Thailand,” ujar Hj Himmatul Hasanah MP.

Pada kesempatan ini Hj Himmatul Hasanah juga mengungkapkan bahwa APKASI berharap melalui program ini para guru akan belajar tentang sistem atau inovasi pembelajaran dr negara-negara lain yang kualitasnya jauh lebih maju dari Indonesia. “Sehingga ke depan akan terjadi peningkatan kompetensi dari para guru,” papar dia.

Program Umrah Character Building Plus Training Tata Kelola Sekolah di Luar Negeri ini ditargetkan bisa diikuti oleh 3000 guru dari seluruh Indonesia. Direncanakan akan ada pola pembiayaan yang memudahkan bagi para guru yang mengikuti program ini. Selain menjalankan ibadah Umrah, para peserta akan mengikuti mengunjungi sekolah sekolah di luar negeri guna mempelajari tata kelola dan manajemen pendidikan.(ris)

Facebook Comments

Komentar